WAKIL BUPATI NIAS UTARA MEMBUKA SECARA RESMI PELATIHAN TUGAS KEPALA DESA TERPILIH DI KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN ANGGARAN 2019

Wabup Nisut (Haogosokhi Hulu, S.E.,MM)

Lotu- Diskominfo Nisut. Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan pelatihan pembekalan tugas kepala desa terpilih di Kabupaten Nias Utara tahun anggaran 2019. Pelatihan tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan DPMD yang buka secara resmi oleh Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE,.MM) Jumat, 24 Mei 2019.

 

 

Kadis DPMD (Raradodo Waruwu, S.H)

Pada laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan pembekalan tugas kepala desa terpilih berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nias Utara Nomor : 141/84/K/Tahun 2019 Tanggal 27 Maret 2019 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Kegiatan Pelatihan Pembekalan Tugas Kepada Kepala Desa Terpilih di Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2019 dan DPA SKPD Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  Kabupaten Nias Utara Nomor : 2.07.01.18.07.5.2 tahun anggaran 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan para kepala desa dalam memahami tugas pokok dan fungsinya sehingga dalam melakukan kegiatan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di desa dilaksanakan dengan tertib dan taat aturan yang pada akhirnya akan mewujudkan pemerintahan yang baik serta mencapai tujuan pemerintahan dalam mensejahterakan masyarakat. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 1 (satu) hari yaitu pada tanggal 24 Mei 2019. Peserta pelatihan terdiri dari kepala desa terpilih pada pemilihan kepala desa serentak pada tahun 2018 sebanyak 6 (enam) orang, ketua BPD, Sekretaris Desa, Ketua TP. PKK dan Kepala Seksi Pemerintahan di masing-masing Desa lokasi pemilihan kepala desa tahun 2018.

Foto : Peserta Pelatihan

Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE,.MM) pada arahannya menyampaikan bahwa dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pemerintah desa adalah kepala desa dengan masa jabatan 6 (enam) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan yang dibantu oleh perangkat desa sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan desa. Untuk merencanakan pembangunan desa selama 6 (enam) tahun kepala desa harus memahami betul tentang potensi desa, sumber daya alam yang dimiliki desa yang akan dikembangkan sehingga menjadi sumber kesejahteraan masyarakat serta mampu menggerakkan sember daya manusia terutama perangkat desa dalam pencapaian visi misi kepala desa yang telah direncanakan. Diharapkan kepada kepala desa agar mampu memahami tugas pokok dan fungsi sebagai kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan serta pemberdayaan masyarakat, dan pengelolaan keuangan desa (dengan azas transparan, akuntabel, partisipatif serta tertib dan disiplin) karena penyelenggaraan pemerintahan desa semakin kompleks dengan regulasi-regulasi yang baru.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Staf ahli, Asisten Sekda, Camat, dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara.