WAGUB SUMUT LAKSANAKAN SAFARI RAMADHAN SEKALIGUS KUNJUNGAN KERJA DI KABUPATEN NIAS UTARA

Lotu – Diskominfo Nisut. Wakil Gubernur Sumatera Utara (Musa Rajekshah) beserta nyonya dan rombongan melaksanakan acara Safari Ramadhan di Kepulauan Nias sekaligus kunjungan kerja di Kabupaten Nias Utara (Senin, 20 Mei 2019). Kegiatan tersebut di awali dengan pemakain Baju Adat Nias oleh Bupati Nias Utara kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara dan kepada nyonya Wakil Gubernur Sumatera Utara oleh Ketua T.P PKK Kab. Nias Utara (Dermawani Gea).

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) mengucapkan selamat datang kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara dan Nyonya beserta Rombongan di Kabupaten Nias Utara sekaligus menyampaikan kondisi dan situasi kerja di Kabupaten Nias Utara.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Musa Rajekshah) menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan Safari Ramadhan di Kepulauan Nias sekaligus kunjungan Kerja di Kabupaten Nias Utara. Dalam Arahan Wakil Gubernur Sumatera Utara menyampaikan bahwa Pemprovsu akan mengadakan pembangunan dan membuka akses jalan dari Nias Barat menuju Nias Utara, beliau juga menyampaikan bahwa status jalan provinsi selama ini agar di tingkatkan menjadi jalan Nasional dan semoga tahun ini dapat di proses.

Dalam ruang diskusi, beberapa Kepala OPD Nias Utara menyampaikan kepada Wakil Gubernur terkait dengan kawasan konservasi supaya ada pembagunan UPTD dan juga pembangunan kantor perikanan di Kabupaten Nias Utara. Selain hal tersebut, status Bank Sumut yang ada di Kabupaten Nias Utara juga diharapkan agar di tingkatkan menjadi Bank Cabang di Nias Utara serta menambah mesin-mesin ATM di wilayah Kabupaten Nias Utara. Dalam sesi diskusi tersebut juga disinggung mengenai kepariwisataan, khususnya tentang persiapan Sail Nias.

Dari beberapa yang di sampaikan oleh kepala OPD, Wakil Gubernur Sumatera Utara menanggapi bahwa terkait dengan pembangunan UPTD Kawasan Konservasi, pembangunan kantor perikanan serta penambahan mesin-mesin ATM di wilayah Kab. Nias Utara supaya segera di tindak lanjuti oleh Bupati Nias Utara dan Dinas terkait Pemprovsu serta Pimpinan Bank Sumut. Terkait kepariwisataan khususnya menyangkut Sail Nias di jelaskan langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara bahwa dalam menyambut Sail Nias Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah bekerja sama dengan HPI yang nantinya akan mengadakan pelatihan-pelatihan tentang Sail Nias.

Pada kegiatan tersebut turut hadir rombongan dari Pemprovsu yaitu Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Zonny Waldi), Kadis Bina Marga dan Kontruksi (Efendy Pohan), Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Ismail Sinaga), Kadis Pemuda dan Olahraga (Baharuddin Siagian), Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Ria Nofida Telaumbanua), Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Hidayati), Direktur Utama Bank Sumut (Muhammad Budi Utomo), Komisaris Utama (Rizal Fahlevi Hasibuan), Komisaris Independen (Brata Kesuma), Dandim 0213/Nias (Letkol Inf Y. Reymond RS Purba, S.H., M. Tr) dan Staf Ahli Bupati, Asissten Sekda serta Kepala Organisai Perangkat Daerah (OPD)/Kabag dan sejumlah ASN lingkup Pemkab Nias Utara.