Upacara Peringatan Hari Guru Nasional, Hari Kesehatan Nasional Dan HUT KORPRI Di Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Nias Utara menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Hari Kesehatan Nasional dan HUT KORPRI Tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Pendopo Kabupaten Nias Utara (Rabu, 27 November 2019). Upacara berlangsung dengan baik, dan bertindak sebagai Pembina Upacara, Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara.

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) dalam arahannya menyampaikan bahwa Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan sebuah perubahan. Berkaitan dengan hal tersebut, Guru diharapkan inisiatif mengahadirkan sebuah perubahan tanpa harus menunggu aba-aba dan perintah tetapi mengambil langkah pertama, karena sebuah perubahan kecil, jika setiap guru melakukannya secara bersama-sama, kapal besar bernama Indonesia pasti akan bergerak. Hal tersebut sesuai dengan tema Hari Guru Nasional Tahun 2019, “Guru Pengerak Indonesia Maju”.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang Ke-55 Tahun 2019 dengan Tema “ Generasi Sehat Indonesia Unggul” sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024 bahwa perhatian pemerintah dalam kurun waktu lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia. Menegaskan arahan Presiden RI, bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu “Stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional”. Sementara ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya. Tentu, semua itu membutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam sektor kesehatan di tingkat Pusat dan Daerah.

Memperingati HUT KORPRI Ke-48 yang jatuh pada tanggal 29 November 2019. Bupati Nias Utara menyampaikan kepada seluruh ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara agar menggunakan momentum tersebut untuk membangun kesadaran birokrasi yang baik dan layanan yang maksimal kepada masyarakat. Dalam kesempatan yang sama, diingatkan juga akan janji Anggota KORPRI sebagaimana tertuang dalam “Panca Prasetya KORPRI”. Janji itu harus ditunaikan dengan baik. Dedikasi anggota KORPRI bukanlah pada kepentingan kelompok maupun anggota individu, melainkan dedikasi anggota KORPRI hanyalah kepada Negara, Bangsa dan Rakyat. Untuk itu, setiap anggota KORPRI haruslah menjadi aset Bangsa, yang menjadi bagian dari solusi bangsa. Artinya, teruslah melaksanakan inovasi-inovasi sehingga pelayanan publik semakin murah, makin cepat, makin akurat dan makin baik, sebagaimana Tema HUT KORPRI Ke-48 Tahun 2019 yakni “Berkarya, Melayani dan Menyatukan Bangsa”

Bupati Nias Utara juga menyampaikan, bahwa dari tiga momen besar yang dirayakan tersebut menyadarkan kita bahwa Tema Hari Jadi Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 “Nias Utara Unggul yang Berkarakter” harus kita wujudkan, dan apabila Guru melaksanakan tugas dengan baik, Kesehatan masyarakat semakin baik, dan Anggota KORPRI melaksanakan komitmen dalam Panca prasetya KORPRI maka Nias Utara Unggul yang berkarakter akan segera terwujud. Pada akhir arahnnya Bupati Nias Utara mengucapkan Selamat Hari Guru Nasinal Ke-74, Selamat Hari Kesehatan Nasinal yang Ke-55 dan Selamat Hari Ulang Tahun KORPRI Ke-48.

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Puskesmas

Usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional, Hari Kesehatan Nasional dan HUT KORPRI Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan kegiatan penyerahan Sertifikat Akreditasi ke beberapa Puskesmas di wilayah Kabupaten Nias Utara.

Dalam pelaksanaan Upacara tersebut, turut hadir Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, SE.,MM., Sekretaris Daerah Yafeti Nazara, S.Kep.,M.Kep. NSpM, Asisten, Staf Ahli, Kepala KCP Bank Sumut Lotu, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, sejumlah ASN, Tenaga Kesehatan, Guru dan THL lingkup Kabupaten Nias Utara, serta siswa-siswi utusan Sekolah lingkup Kabupaten Nias Utara.