Upacara Hari Kesadaran Nasional Kabupaten Nias Utara Bulan Februari Tahun 2019

Bertempat di Halaman Kantor Bupati Nias Utara, Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional pada hari Selasa 18 Febuari 2019.  Pada upacara tersebut yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Nias Utara M.  Ingati Nazara dan Komandan Upacara Kapolsek Tuhemberua M. Sihaloho. Hari Upacara Kesadaran Nasional  yang diikuti oleh Staf Ahli, Asisten, Pimpinan Organisai Perangkat Daerah (OPD), Camat, TNI dan POLRI, ASN dan Tenaga Harian Lepas (THL) Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara dilaksanaan dengan pengibaran bendera merah putih, Pembacaan Pancasila oleh Inspektur Upacara yang diikuti seluruh peserta Upacara, pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, pengucapan Sapta Marga, Tri Brata dan Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia.

Dalam pidatonya, Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan tugas-tugas dan tanggungjawab Aparatur Sipil Negara sebagai pelayanan masyarakat yang harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Selain itu, Bupati juga kembali mengingatkan tentang kedisiplinan bagi seluruh Aparatur Sipil Negara termasuk seluruh pegawai harian lepas agar tetap dilaksanakan dan mengharapkan agar seluruh Kepala OPD / Pimpinan Unit Kerja untuk selalu memantau kehadiran seluruh staf, datang dan pulang tepat waktu, sesuai dengan jam kerja, baik ASN maupun THL.

Selanjutnya pada upacara Hari Kesadaran Nasional tersebut Bupati Nias Utara juga mengapresiasi Kegiatan Musrenbang di Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Nias Utara yang telah terlaksana dengan baik  sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan dan mengharapkan agar rumusan-rumusan hasil Musrenbang dari tiap-tiap Kecamatan dapat segera dikoordinasikan dengan Bappeda Kabupaten Nias Utara sebagai bahan / acuan pembahasan pada pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kabupaten Nias Utara. “Saya berharap kiranya usulan-usulan rencana pembangunan dari setiap Kecamatan dimaksud tetap mempedomani aturan serta mekanisme yang ada dengan tetap menggunakan prinsip Skala Prioritas mengingat keterbatasan Anggaran yang tersedia” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, terkait penyelenggaraan Pemilu serentak yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019, Bupati Nias Utara mengharapkan kepada seluruh ASN agar tetap menjaga netralitas dan kepada Badan Kesatuan Bangsa Politik supaya memantau kondisi sosial politik serta melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, agar pelaksanaan Pemilu serentak di Wilayah Kabupaten Nias Utara dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Selain beberapa hal tersebut di atas, pada Tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Nias Utara merencanakan Sistem Transaksi Non Tunai dalam pelaksanaan transaksi keuangan yang bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dalam transaksi keuangan, mencegah penyalahgunaan wewenang dan juga mencegah potensi terjadinya korupsi. Bupati Nias Utara mengharapkan kepada seluruh OPD untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan sistem transaksi non tunai tersebut.

Pada Akhir Pidatonya Bupati Nias Utara mengucapkan selamat Hari Kesadaran Nasional 18 Februari 2019 semoga masyarakat Kabupaten Nias Utara lebih sukses lagi dalam upaya melangkah kedepan menuju Nias Utara yang maju, berdaya saing, beriman dan berbudaya.