Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Utara

Pemerintah Nias Utara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Utara melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada hari Senin 17 Desember 2018. Kegiatan ini merupakan upaya pemberdayaan KIM sebagai mitra diseminasi informasi publik Pemerintah Kabupaten Nias Utara. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, SE., MM, dan dihadiri oleh Camat Se-Kabupaten Nias Utara, Kepala Desa dan Perwakilan Kelompok Informasi Masyarakat dari Berbagai Desa di Lingkup Kabupaten Nias Utara.

Wakil Bupati Nias Utara  dalam sambutannya mengatakan,

Kelompok informasi masyarakat (kim) merupakan program dari kementerian komunikasi dan informatika (kominfo) yang diimplementasikan oleh seluruh instansi pemerintahan yang ada di indonesia. Kim dijalankan dengan maksud mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi, serta menciptakan jaringan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya agar bisa saling memberdayakan, salah satunya dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi.

Melalui kim, masyarakat diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingannya sendiri dan untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi.

Tujuan kelompok informasi masyarakat (kim) adalah sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi dan diseminasi informasi pembangunan kepada masyarkat sebagai mediator komunikasi informasi pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan serta menjadi forum media untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintah dan pembangunan.

Selain dari tujuan tersebut, kim berfungsi sebagai wahana informasi antar anggota kim, dari kim kepada pemerintah dan dari pemerintah kepada masyarakat, kim sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik. Kim sebagai sarana peningkatan literasi anggota kim dan masyarakat dibidang informasi dan media masa. Kim sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi.

Pada Kesempatan yang sama Wakil Bupati Nias Utara mengucapkan selamat kepada Dinas Komunikasi dan Informatika dan Kelompok Informasi Masyarakat “SEKATA” yang sukses meraih juara harapan III pada perlombaan KIM tingkat Provinsi Sumatera, Ini adalah sebuah kebanggan bagi kita dimana Kelompok Informasi Masyarakat di Kabupaten Nias Utara masih baru dibentuk tetapi sudah dapat menunjukkan hasilnya di tingkat Provinsi. Wakil Bupati juga menyerahkan uang pembinaan kepada KIM “SEKATA”.