SOSIALISASI IMPLEMENTASI INSTRUKSI PRESIDEN NO. 2 TAHUN 2021 DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA DI WILAYAH KABUPATEN NIAS UTARA

Bertempat di Aula Kantor Bupati Nias Utara dilaksanakan Sosialisasi Implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Perlindungan Tenaga Kerja di wilayah Kabupaten Nias Utara. Rabu, 09 Juni 2021.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Nias Utara Drs. Folo’o Hulu dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegitan sosialisasi ini adalah Inpres No. 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Perlindungan Tenaga Kerja yang bertujuan untuk memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Melalui program ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak apabila terjadi hal-hal yang dapat mengakibatkan hilang atau berkurangnya pendapatan karena menderita sakit, mengalami kecelakaan, kehilangan pekerjaan dan memasuki usia lanjut atau pensiun.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si menyampaikan bahwa ada banyak manfaat menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan ini. Salah satunya adalah jika terjadi kecelakaan saat sedang bekerja maka biayanya ditanggulangi oleh BPJS Ketenagaakerjaan.

“Pada kesempatan ini kami memberikan kesadaran betapa pentingnya ikut menjadi peserta dan membayar iuran BPJS ketenagakerjaan ini dari pada membuang uang ke hal yg kurang bermanfaat dan produktif. Kita berharap kedepan masyarakat kita di Kabupaten Nias Utara ini baik itu nelayan, tukang bangunan, pedagang, buruh dan THL bisa ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” pungkas wakil Bupati.

Sebelum mengakhiri arahannya dan membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut, Wakil Bupati Nias Utara menyampaikan apresiasinya atas pelaksaaan sosialisasi tersebut dan berpesan kepada seluruh peserta untuk  mengikuti sosialisasi dengan baik.

Pada pelaksanaan Sosialisasi ini sebagai narasumber Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Nias Gunungsitoli Rolan Tobing. Sosialisasi ini turut dihadiri Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan Camat se-Kabupaten Nias Utara.