Sosialisasi Dan Regenerasi Kepengurusan Forum Anak Nias Utara Masa Bakti 2020-2022

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas P2AP2KB Kabupaten Nias Utara melaksanakan Sosialisasi dan Regenerasi Kepengurusan Forum Anak Nias Utara Masa Bakti 2020-2022 demi memperlancar terlaksananya program forum tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Nias Utara (Rabu, 23 Oktober 2019).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Suci Murni Laia, SKM) dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan secara umum untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif para pengurus dalam bidang kesadaran, pemenuhan hak-hak anak, pemberian layanan pendidikan, gizi dan pencegahan kekerasan terhadap anak. Tema pada kegiatan ini yakni “Regenerasi Kepengurusan Forum Anak Nias Utara Untuk Kemajuan Anak-Anak Nias Utara” dengan slogan yakni “Kita Anak Indonesia, Kita Gembira”.

Pada arahan Kepala Dinas P2AP2KB  Kabupaten Nias Utara (Marieli Harefa, SKM) menyampaikan bahwa Forum Anak Nias Utara sebagai wadah partisipasi dan organisasi penegakan hak-hak anak. Forum ini berfungsi memantau pemenuhan hak-hak anak dan pelaksanaan kewajiban hak anak, mensosialisasikan hak dan kewajiban anak dilingkungan teman sebaya, menyuarakan pandangan, suara dan aspirasi anak, melibatkan diri dalam proses pengambilan keputusan serta mendorong anak aktif untuk mengembangkan potensi dan minat bakat. Forum anak salah satu bentuk perhatian dan dukungan pada program nawacita Jokowi yang bermuara pada pembangunan manusia yang mampu berdaya saing, mandiri dan kreaktif. Program nawacita yang dikenal dengan ”Revolusi Mental” dapat diterapkan dari sisi pembangunan karakter anak sebagai harapan bangsa, sangat strategis untuk ditanamkan dalam keluarga sebab pendidikan usia dini dimulai dari dalam keluarga sebelum memasuki pendidikan formal atau usia sekolah.

Pengurus terpilih Forum Anak Nias Utara masa bakti 2020-2022 yakni Septiaman Harefa sebagai ketua, Juni Putri Zega sebagai sekretaris dan Elen Agusniat Zalukhu sebagai bendahara.

Foto Peserta Kegiatan Forum Anak

Kegiatan ini dihadiri oleh sekretaris dan pegawai Dinas P2AP2KB, Pendamping dan pengurus Forum Anak Nias Utara dan Peserta kegiatan Forum Anak.