Serah Terima Bantuan Sarana Penangkapan Ikan Tahun Anggaran 2019 Kabupaten Nias Utara

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara melaksanakan acara serah terima bantuan penangkapan ikan Tahun Anggaran 2019 yang dilaksanakan di Pantai Lafau Indah Desa Sihene Asi Kecamatan Lahewa (Jumat, 24 Januari 2020). Bantuan Sarana Penangkapan Ikan tersebut adalah Kapal Penangkapan Ikan berukuran lebih kecil dari 3 GT beserta perlengkapannya yang berjumlah 14 unit kapal yang diserahkan langsung oleh Bupati Nias Utara secara simbolis kepada pengurus Koperasi Nelayan/ Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang berasal dari 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Lahewa, Lahewa Timur dan Kecamatan Sawo.

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)
M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) dalam arahannya menyampaikan bahwa Pembangunan pada sektor perikanan merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah didalam mewujudkan Visi-Misi Pemerintahan 2016-2021 yaitu terwujudnya Nias Utara Maju, Berdaya Saing, Beriman dan Berbudaya. Melalui program Tahun 2019, Dinas Perikanan telah mengadakan penyediaan sarana perikanan untuk kelompok masyarakat, baik itu Koperasi Nelayan, Kelompok Usaha Bersama (KUB), dan Kelompok Pengolah Ikan dan Pemasar (POKLAHSAR), serta kelompok konservasi baik yang bersumber dari APBN maupun APBD, dan pada Tahun Anggaran 2019 tersebut juga, Pemerintah Kabupaten Nias Utara telah menyerahkan total bantuan Kapal Perikanan sebanyak 22 Unit dengan uraian sebanyak 14 unit dari APBD dan 8 unit dari APBN serta menyediakan sebanyak 39 unit kendaraan roda 2 bagi pemasar ikan serta pelaku usaha perikanan.

Pada akhir arahannya Bupati Nias Utara mengharapkan supaya program bantuan sarana perikanan yang telah diterima dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan memberikan dampak yang nyata untuk pengembangan ekonomi, peningkatan produksi dan peningkatan pendapatan bagi masyarakat yang menerimannya dan juga dapat menjadikan sektor perikanan menjadi salah satu andalan di Kabupaten Nias Utara.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kadis Perikanan Kabupaten Nias Utara, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Nias Utara, Sekdis dan para Kabid Dinas Perikanan, Kepala Desa Penerima Bantuan Sarana Penangkapan Ikan, Pengurus KUB penerima Bantuan Sarana Penangkapan Ikan, ASN dan THL Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara.