Seminar Penyusunan Kurikulum Persiapan AKNIRA Menjadi PSDKU USU

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) membuka secara resmi seminar penyusunan kurikulum persiapan AKNIRA menjadi PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) USU. Seminar tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias Utara yang difasilitasi oleh AKNIRA Kabupaten Nias Utara (Senin, 30 Desember 2019).

Agusman Zebua, M.Pd (Koordinator AKNIRA)

Koordinator AKNIRA (Agusman Zebua, M.Pd) melaporkan bahwa seminar penyusunan kurikulum persiapan AKNIRA menjadi PSDKU USU bertujuan untuk mendapatkan masukan maupun saran dari stakeholder, tokoh agama dan tokoh masyarakat tentang penyusunan kurikulum AKNIRA setelah menjadi PSDKU USU.

Sukanto Waruwu, SE (Ketua DPRD Kab. Nias Utara)

Pada sambutan Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (Sukanto Waruwu, SE) menyampaikan bahwa pihak legislatif menyambut dengan baik serta mendukung penuh pelaksanaan seminar penyusunan kurikulum persiapan AKNIRA menjadi PSDKU USU sebab AKNIRA milik bersama masyarakat Nias, khususnya Nias Utara. Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD menghimbau para dosen dan staf agar serius menilai serta memperhatikan pendidikan yang dapat menciptakan tenaga-tenaga yang handal dan profesional dalam bidangnya.

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) yang hadir dan membuka seminar menyampaikan bahwa seminar tersebut merupakan rangkaian dan bagian yang tidak terpisahkan dalam penyusunan proposal persiapan AKNIRA menjadi PSDKU USU. Untuk mempertahankan keberadaan AKNIRA, Pemerintah Daerah bersama lembaga DPRD telah melakukan langkah-langkah strategis dengan menemui Rektor USU pada tanggal 19 Agustus 2019 yang lalu di Kampus USU Medan. Mendukung keberadaan AKNIRA, Pemerintah Kabupaten Nias Utara telah menyiapkan lahan seluas 25 ha dan yang telah disertifikasi seluas 20 ha serta dana sebesar 4 Milyar untuk pembangunan Kampus pada tahun 2020. Mengakhiri arahannya, Bupati Nias Utara menghimbau agar pelaksanaan seminar tersebut dapat menampung saran dari peserta dan narasumber sehingga proposal PSDKU dapat segera disiapkan untuk diserahkan kepada pihak USU.

Seminar tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati, Wakil Ketua dan Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala UPTD Dinas Pendidikan Sumut, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Kabag, TIM dari Payakumbuh dan USU, ASN serta Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Nias Utara.