Sekretaris Daerah dan Kadis Kominfo Kabupaten Nias Utara Menghadiri Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Teknologi dan Informasi (IT) di Kelurahan Pasar Lahewa

Dalam rangka upaya peningkatan pengelolaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna menunjang, pembangunan redesain Universal Service Obligation (USO), Badan Aksesibilitas Telkomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bekerjasama dengan SANTRI PRENEUR INDONESIA, melaksanakan sosialisasi kepada siswa dan siswi Tsanawiyah Persiapan Negri Lahewa dan tokoh –tokoh agama, serta tokoh masyarakat sekitar kelurahan pasar Lahewa Kabupaten Nias Utara.

 

Tujuan pelaksanaan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan siswa siswi agar lebih mengenal teknologi informasi dan komunikasi. Selain dari pada itu juga untuk membantu masyarakat dalam beraktifitas sehari –hari.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di aula kantor kelurahan pasar Lahewa, Selasa(29/01/2019) mulai pukul 19:30 – 14:40. Dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh saudara Darlin Hanif Harefa. Acara sosialisasi pemberdayaan diikuti sekitar 300 siswa/siswi serta di hadiri oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Nias Utara (Yafeti Nazara), di dampingi oleh Kadis Kominfo (Aferianus Telaumbanua,S.S, M.M), turut hadir Kapolsek Lahewa (AKP Arius Zega, S.H, M.H.), perwakilan dari Kementrian Agama (Fatizaro Baeha), Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lahewa (Sabrun Mendrofa).

Dalam sambutannya Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Sekda menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya sosialisasi pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan teknologi informasi yang diadakan di aula kantor kelurahan pasar Lahewa. Selanjutnya sekda menyampaikan bahwa peningkatan teknologi informasi bukan hanya di bidang atau dunia pendidikan saja tapi di dunia usaha/bisnis pun teknologi informasi dan komunikasi ini sangat begitu terasa manfaatnya untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Kabupaten Nias Utara pada umumnya dan Kelurahan Pasar Lahewa pada khususnya.

Adapun sosialisasi yang dilaksanakan di aula Kelurahan Pasar Lahewa tersebut, narasumber pertama di sampaikan oleh bapak Dr.Ir.Sutjadmogo M.Sc yang menyampaikan tema tentang pelatihan bisnis/kewirausahaan, sementara narasumber yang kedua oleh bapak Akhmad Khambali, SE,MM. Menyampaikan tema tentang pelatihan aplikasi bisnis plan.

 

(KABID PI/ R. MENDROFA)