Sekda Nias Utara Membuka Secara Resmi Rapat Konsultasi PKK Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara melaksanakan Rapat Konsultasi (Rakon) Tahun 2019 dengan Tema “Konsolidasi Gerakan PKK Menyongsong Rapat Kerja Nasional Tahun 2020”. Rapat Konsultasi PKK tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Sekda Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Aula Pendopo Kabupaten Nias Utara (Kamis, 27 Juni 2019).

Ketua Panitia Rakon PKK (Ny. Seni Yuniman Zai) dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan Surat Tugas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara Nomor : 06/ST/PKK Kab/V/2019 Tanggal 3 Mei 2019 dan Rencana kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara tentang uraian kegiatan kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman dalam melaksanakan setiap program dan kegiatan PKK mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, dan pokja I s/d IV serta untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama antara Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa di Kabupaten Nias Utara.

 

 

 

Dalam Sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara (Ny. Dermawani Ingati Nazara) menyampaikan bahwa Rakon PKK tersebut untuk menyelaraskan persepsi dan komunikasi diantara kemitraan Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara dengan Pembina PKK dan OPD terkait, dan evaluasi penyampaian program tahun-tahun sebelumnya.

 

 

 

 

Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (Hiskia Harefa, A.Ma.Pd) dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Tim Penggerak PKK selaku pendorong dan pendamping masyarakat harus selalu meningkatkan kapasitas keluarga melalui program kegiatan, baik itu sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta peningkatan pembinaan PKK untuk membantu Pemerintah Daerah dalam memberdayakan masyarakat dan memajukan Daerah Kabupaten Nias Utara.

 

 

Dalam Arahan Bupati Nias Utara yang diwakili Sekda Kabupaten Nias Utara (Yafeti Nazara, S.Kep.,M.Kep.NspM) juga menyampaikan bahwa Tim Penggerak PKK diharapkan sebagai program atau kegiatan yang selalu dibenahi sesuai dengan situasi dan kondisi terkini sehingga program dan kegiatan yang direncanakan dan disusun menjadi sarana untuk memberikan pembekalan bagi sumber daya manusia dan setiap pelaksanaan program atau kegiatan dari Tim Penggerak PKK harus teradministrasi dan terdokumentasi sehingga pada saat penyusunan dan pembuatan laporan tidak terjadi ketimpangan informasi. Tim Penggerak PKK punya peran sangat penting dan urgent dalam gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, untuk itu Tim Penggerak PKK harus mempunyai target dan sasaran yang jelas yang harus dicapai dalam setiap tahunnya serta fokus terhadap program dan kegiatan sebagaimana pada 10 (Sepuluh) program pokok PKK.

Pada akhir arahannya Sekda Nias Utara mengharapkan kepada seluruh peserta Rakon  agar mengikuti acara tersebut dengan baik dan dapat membawa perubahan yang berarti bagi masyarakat, baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Desa atau Kelurahan, dan kepada OPD terkait agar dapat memberikan kontribusi yang positif serta dukungan tenaga dan waktu untuk mendukung program kegiatan Tim Penggerak PKK di seluruh wilayah Kabupaten Nias Utara.

Kegiatan Rakon PKK tersebut dihadiri oleh Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa Binaan PKK, ASN, anggota PKK tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa atau Kelurahan.