SEBAGIAN BESAR KONDISI JALAN DI KABUPATEN NIAS UTARA RUSAK, BUPATI HARAPKAN PERHATIAN PROVINSI DALAM KUNJUNGAN KERJA GUBERNUR SUMATERA UTARA DI KABUPATEN NIAS UTARA

Sebagian besar kondisi jalan di wilayah Kabupaten Nias Utara rusak. Hal ini disampaikan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd pada kunjungan kerja Gubernur Sumatera Edy Rahmayadi di Kabupaten Nias Utara yang pertemuannya dilaksanakan di aula Tafaeri Kabupaten Nias Utara (Rabu, 30 Juni 2021)

Dalam sambutannya, Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa panjang jalan di Kabupaten Nias Utara mencapai  ± 1.046 Km. Dalam 1.046 Km tersebut hanya 20% yang kondisi baik dan selebihnya jalan rusak.

“Demikian juga dengan jalan Provinsi yang mencapai ± 40Km dalam kondisi rusak pak Gubernur. Harapan kami tahun 2021 ini paling tidak melalui P-APBD Provinsi Sumatera Utara dapat dianggarkan biaya untuk pemeliharaannya dan pada tahun 2022 semua diselesaikan pembangunannya. Ini permohonan utama kami pada kedatangan Pak Gubernur hari ini” harap Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Nias Utara juga menyampaikan angka kemiskinan di Kabupaten Nias Utara mencapai 25,7% dan Rumah Tidak Layak Huni berjumlah 2.980 unit. Bupati berharap Pemerintah Provisi Sumatera Utara dapat membantu Kabupaten Nias untuk keluar dari masalah tersebut / keluar dari daerah T3.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Nias Utara mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Gubernur Sumatera Utara beserta rombongan di Kabupaten Nias Utara dan berharap bahwa kedatangan Gubernur beserta rombongan membawa kebahagiaan kepada masyarakat Nias Utara, serta mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung semua program Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi berjanji untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara sesuai dengan kewenangannya. Gubernur menegaskan bahwa apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab Pemerintah Provinsi akan diselesaikan oleh Provinsi.

“Saya berjanji bahwa apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab Provinsi Sumatera Utara akan kami selesaikan. Namun apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab Bupati, Camat dan Kepala Desa juga harus diselesaikan dan dipertanggungjawabkan masing-masing” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Utara meminta agar seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Nias Utara  lebih produktif dan melakukan inovasi mengoptimalkan potensi desa masing-masing untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Jangan Dana Desa dipakai hanya untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), tetapi digunakan untuk hal-hal prioritas yang lebih produktif dengan cara mengoptimalkan potensi desa masing-masing” ucapnya.

Gubernur juga meminta kepada seluruh Kepala Desa untuk meniru apa yang dilakukan Bupati Nias Utara selama ini dengan langsung turun ke lapangan menemui masyarakatnya untuk selanjutnya berusaha mencari solusi atas apa yang ditemui di lapangan.

“Saya melihat tadi melalui video yang ditampilkan didepan, Bupati masuk ke rumah-rumah masyarakat miskin di desa-desa melihat secara langsung kehidupan mereka. Harusnya anda (para Kepala Desa) malu dengan hal ini. Ini pekerjaan saudara semua. Ini bagian dari tugas dan tanggungjawab Kepala Desa. Anda harus mampu mencari solusi untuk membantu mereka meningkatkan perekonomian,” tegasnya.

Mengakhiri arahannya, Gubernur Sumatera Utara mengingatkan Bupati dan seluruh jajarannya serta seluruh masyarakat untuk tidak pernah menyerah dengan keadaan saat ini.

“Jangan pernah menyerah dengan keadaan saat ini dan apapun yang terjadi teruslah berjuang dan berusaha karena kalau kita tidak pernah menyerah maka kita tidak akan pernah gagal. Lakukanlah yang terbaik dan utamakanlah kejujuran karena kejujuran adalah segala-galanya untuk mencapai dan mewujudkan apa yang dicita-citakan. Dengan berlaku jujur pada setiap hal maka Tuhan pasti akan menolong dan mencurahkan berkatnya” tutupnya.

Acara ini turut dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Ketua pengadilan negeri Gunungsitoli, Dandim 0213 Nias, Kapolres Nias, Plh. Sekda, Staf Ahli, Asisten dan para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Camat se-Kabupaten Nias Utara, para Kabag lingkup Setda Kabupaten Nias Utara, para kepala Desa se-Kabupaten Nias Utara dan undangan lainnya.