REMBUK STUNTING KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2020

Rembuk aksi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Nias Utara Tahun 2020 dilaksanakan di Aula Tafaeri Kabupaten Nias Utara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, Selasa (23 Juni 2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara Yoniari Nazara, SKM yang menjabat sebagai Sekretaris Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Nias Utara dalam laporannya menyampaikan bahwa rembuk stunting merupakan suatu langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah untuk memastikan terjadinya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara bersama-sama. Rembuk stunting bertujuan menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan kegiatan intervensi penurunan stunting, mendeklarasikan komitmen pemerintah serta membangun komitmen dalam kegiatan penurunan stunting.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Sukanto Waruwu, SE yang turut hadir menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Daerah atas pelaksanaan rembuk stunting dalam rangka menurunkan stunting di Kabupaten Nias Utara. “Segala usulan Pemerintah Daerah tentang penanganan stunting dan pendidikan, pihak lembaga DPRD berkomitmen untuk mendukung demi kepentingan masyarakat di Kabupaten Nias Utara”, ucap Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara tersebut. Selanjutnya, Ketua DPRD juga menghimbau agar  adanya keakuratan informasi tentang masyarakat yang terkena stunting supaya dapat ditangani dengat cepat oleh tim medis sehingga dapat terhindar dari keadaan yang lebih buruk.

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)
M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara yang menyampaikan arahannya pada kegiatan tersebut mengingatkan seluruh OPD dan stekholder lainnya untuk melaksanakan perannya masing-masing dengan sungguh-sungguh sehingga masalah stunting di Kabupaten Nias Utara segera teratasi. Bupati juga mengingatkan kepada pemerintah Kecamatan dan Desa locus stunting agar dalam penyusunan APBDes memuat program kegiatan yang terkait pada upaya penurunan stunting sehingga intervensi Pemerintah Daerah dalam pencegahan maupun penurunan stunting dapat berhasil.

Mengakhiri arahannya, Bupati Nias Utara  menghimbau agar semua yang hadir pada kesempatan tersebut menjadi pelaku dalam mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar tetap memperhatikan protokoler kesehatan dalam melaksanakan berbagai aktivitas sebagai upaya membantu mencegah penyebaran Covid-19.

Pelaksanaan rapat dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Kabag, Kepala Desa dan Bidan Desa.