Rapat Pembentukan Tim Pemantau, Evaluasi Dan Pelaporan Perkembangan Politik

Dalam rangka pelaksanaan pemilihan umum serentak pada tanggal 17 April 2019, Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan rapat pembentukan tim pemantau, evaluasi dan pelaporan perkembangan politik. Rapat pembentukan tim difasilitasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Aula Rapat Kantor Bappeda Kabupaten Nias Utara (Rabu, 20 Maret 2019).

Pelaksanaan pembentukan tim ini berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dalam Pasal 434 Ayat (2) Huruf f, PERMENDAGRI Nomor 61 tahun 2011 Tentang Pedoman Pemantauan, Pelaporan dan Evaluasi Perkembangan Politik di Daerah dan Surat Keputusan Bupati Nias Utara Nomor : 200/38/K/Tahun 2019 tentang Tim Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Perkembangan Politik di Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2019.

Tugas Tim Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Perkembangan Politik yakni:

  1. Melakukan Pemantauan Pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2019
  2. Menyampaikan Laporan pemantauan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Dalam arahan dan bimbingan Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah menyampaikan supaya tetap menjaga netralitas sebagai Aparatur Sipil Negara serta supaya ikut berpartisipasi datang ke TPS masing-masing untuk memberikan hak pilihnya sebagai warga negara Indonesia, menjadi pelopor dan garda terdepan dalam memberikan contoh, sikap dan perilaku yang baik yang berkarakter, dan mandiri dalam meningkatkan kesadaran berpolitik sehingga dapat dicontoh oleh masyarakat banyak. Diakhir arahan Bupati Nias Utara menambahkan agar peserta rapat dapat mengikuti secara serius dan sungguh-sungguh mulai dari awal sampai berakhir.

Pembentukan tim ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, dan ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara.