RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN NOTA PENGANTAR LKPJ BUPATI TAHUN ANGGARAN 2020

DPRD Kabupaten Nias Utara melaksanakan Rapat Paripurna Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2020 yang dipimpin dan dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Noverman Zega, S. Hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep, NSpM mewakili Bupati Nias Utara, para Anggota DPRD, staf Ahli, Asisten dan para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara. Rabu, 31 Maret 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara Yafeti Nazara, S.Kep, M.Kep, NSpM yang mewakili Bupati Nias Utara pada rapat tersebut, saat membacakan nota pengantar LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2020 menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik selama Tahun 2020 telah terlaksana dengan mengacu pada RPJMD Kabupaten Nias Utara Tahun 2016-2021 dan RKPD Tahun 2020. Penyampaian LKPJ adalah sebagai refleksi dan nilai-nilai demokrasi yang diwujudkan bersama DPRD sebagai mitra kerja pemerintah daerah yang mengemban fungsi lembaga wakil rakyat. Mekanisme LKPJ Kepala Daerah merupakan wahana untuk saling berbagi peran dalam mengevaluasi kondisi kinerja pemerintahan daerah yang telah dilakukan sepanjang Tahun Anggaran 2020, sehingga semakin mendorong tumbuhnya semangat obyektivitas dalam memotret kinerja Pemerintah Daerah yang dilandasi kemitraan untuk saling melengkapi dalam menerjemahkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Kabupaten Nias Utara.

Lebih lanjut dijelaskan dalam Nota Pengantar LKPJ yang dibacakan Oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara tersebut bahwa penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Nias Utara Tahun 2020 masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan. Hal ini disebabkan berbagai hal, diantaranya refocusing anggaran, pelaksanaan Pilkada serentak dan terutama akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada pemenuhan pencapaian kinerja Pemerintah Daerah. Berkaitan dengan kondisi tersebut Bupati Nias Utara memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas pemahaman, kerjasama dan dukungan dari Lembaga DPRD Kabupaten Nias Utara karena telah saling bersinergi dengan semangat kebersamaan yang elegan dan harmonis dalam menyampaikan berbagai upaya antisipasi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi dan berharap kedepannya dapat lebih baik.