Rapat Koordinasi Pengawasan Tahun 2019 Kabupaten Nias Utara

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahun 2019 tingkat Kabupaten Nias Utara. Rapat tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias Utara (Jumat, 23 Desember 2019).

Tolonaso Gea, SH (Inspektur Kabupaten Nias Utara)

Inspektur Kabupaten Nias Utara (Tolonaso Gea, SH) melaporkan bahwa pelaksanaan rapat tersebut bertujuan untuk mengkoordinasikan hasil pengawasan untuk mendapat perbaikan pada tahun berikutnya. Hal ini sebagai tindak lanjut Rapat Koordinasi Pengawasan tingkat Nasional dan Provinsi Sumatera Utara.

Sukanto Waruwu, SE (Ketua DPRD Kab. Nias Utara)

Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (Sukanto Waruwu, SE) yang menghadiri rapat koordinasi tersebut dalam sambutannya menyampaikan agar OPD dalam melaksanakan pengawasan dan penganggaran harus transparan serta sesuai dengan Ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku serta berharap agar semua OPD berkerja sesuai dengan tupoksi masing-masing. Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara menyampaikan bahwa pihak legislatif siap mendukung segala program kegiatan maupun kebijakan pemerintah daerah demi lancarnya pemerintahan Kabupaten Nias Utara.

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) dalam arahannya menyampaikan bahwa Pengawasan merupakan elemen penting pada sistem pemerintahan. Tanpa pengawasan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan tidak akan mencapai hasil yang diharapkan. Dengan pengawasan dapat tercipta penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktek KKN. Selanjutnya, Bupati Nias Utara menyampaikan agar inspektorat selaku pengawas internal pemerintah terus berperan aktif dalam melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Sistim perencanaan maupun pengawasan OPD dapat melibatkan APIP sesuai dengan tupoksi masing-masing dengan tujuan untuk meminimalisir persoalan dalam perencanaan, pengawasan dan proses pembangunannya.

Sebelum mengakhiri arahannya, Bupati Nias Utara juga mengingatkan untuk segera dibentuk tim pendampingan pemanfaatan dana desa. Tim ini nantinya yang akan mendampingi desa dalam pemanfaatan dana desa sehingga tepat sasaran dan apa yang menjadi kendala selama ini dapat diselesaikan.

Rapat tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Camat.