Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Nias Utara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Aula Kantor Bupati Nias Utara. (Senin, 18 Februari 2019). Rakor tersebut dihadiri oleh Kapolres Nias, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, sejumlah Kepala OPD, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Nias Utara. Adapun tujuan pelaksanaan Rakor tersebut untuk mewujudkan tata Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang efektif, bersinergi, akuntabel dan aspiratif.
Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) dalam sambutannya menyampaikan bahwa program pembangunan yang dilakukan Pemerintah saat ini lebih menitik beratkan pada pembangunan pedesaan dimana pada Rakor tersebut Kapolres dan Kajari Gunungsitoli diundangkan sebagai Narasumber untuk memberikan penguatan dan guna meminimalisir kesalahan serta penyalahgunaan wewenang oleh Pemerintah Desa dan unit kerja terkait dalam pelaksanaan pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa. Selain itu, Bupati Nias Utara menghimbau para peserta Rakor untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019.
Kapolres Nias (Deni Kurniawan) dalam paparanya menyatakan bahwa jajaran Polres Nias siap mengamankan Pagelaran Pesta Demokrasi yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Dalam kesempatan yang sama Kapolres Nias menyampikan bahwa pada pelaksanaan pemilu kali ini, diwilayah kab. Nias utara terdapat 1471 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari jumlah TPS tersebut, telah dipetakan berdasarkan tingkat kerawanan. Kurang rawan berjumlah 1200 TPS, rawan berjumlah 246 TPS, sangat rawan 24 TPS dan khusus berjumlah 1 TPS. Untuk pengamanan pelaksanaan pemilu diwilayah Kabupaten Nias Utara, Polres Nias menyiapkan anggota Polri sebanyak 536 personel.
Kajari Gunungsitoli yang diwakili oleh Kasi Pidsus (Yus Iman Harefa) menyampaikan bahwa Kejaksaan Negeri Gunungsitoli siap mendampingi Pemerintah Daerah dan Desa yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas-tugas yang membutuhkan kepastian Hukum serta menghimbau para Aparat dalam pelaksanaan tugas-tugas agar menghindari yang melanggar Hukum terutama yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi.
Pelaksanan Rapat Koordinasi tersebut di pimpin oleh Moderator (Yusman Zega) sebagai Asisten II Kabupaten Nias Utara.