RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN LOMBA KIM DAN PEMENTASAN MEDIA TRADISIONAL PERTUNJUKAN RAKYAT

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Rapat Koordinasi pelaksanaan lomba KIM dan pementasan media tradisional pertunjukan rakyat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Nias Utara yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Utara (Selasa, 14 Mei 2019).

Dalam kata pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Utara (AFERIANUS TELAUMBANUA, S.S, M.M) menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat koordinasi lomba KIM dan pementasan media tradisional pertunjukan rakyat tingkat Kabupaten Nias Utara berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor : 08/PER/M.KOMINFO/6/2010. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini sebagai persiapan pelaksanaan lomba KIM tingkat  Kabupaten Nias Utara, yang menjadi juara akan diutus di tingkat Provinsi Sumatera Utara sebagai utusan mewakili  Kabupaten Nias Utara mengikuti perlombaan KIM yang dilaksanakan pada bulan Juli 2019.

Pada arahan Bupati Nias Utara yang disampaikan oleh Asisten III Kabupaten Nias Utara (YA’ADIL TELAUMBANUA, S.KM) menyampaikan bahwa Kelompok informasi masyarakat (KIM) merupakan program dari kementerian komunikasi dan informatika (KOMINFO) yang diimplementasikan oleh seluruh instansi pemerintahan yang ada di indonesia. KIM dijalankan dengan maksud mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi, serta menciptakan jaringan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya agar bisa saling memberdayakan, salah satunya dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi. Informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

Di akhir arahan Bupati Nias Utara yang disampaikan oleh Asisten III Kabupaten Nias Utara (Bapak Ya’adil Telaumbanua SKM) mengharapkan masyarakat khususnya Kab. Nias Utara wawasannya dapat lebih berkembang dan memahami apa yang dimaksud KIM beserta dengan fungsinya dan dapat segera membentuk kelompok-kelompok di lingkungannya masing-masing sehingga memberikan manfaat dan dukungan yang positif bagi pembangunan Kabupaten Nias Utara yang maju, berdaya saing, beriman dan berbudaya.

Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri oleh para Camat, Kepala Desa, ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan Kelompok KIM masing-masing Desa se-Kabupaten Nias Utara.