PESTA PADUAN SUARA GEREJANI (PESPARANI) KATOLIK KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2019

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tahun 2019 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias Utara (Jumat, 29 November 2019).

Drs. Sokhiziduhu Hulu

Pada laporan ketua panitia (Drs. Sokhiziduhu Hulu) menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengeratkan hubungan antar umat beragama, meningkatkan bakat generasi muda dibidang musik gerejani katolik, membangun mental spiritual umat katolik sehingga tercipta insan yang beriman serta cinta tanah air dan mengamalkan Undang-Undang Dasar 1945 serta Pancasila, menciptakan generasi muda yang berinovasi dan berkreaktivitas sehingga mampu bersaing dan berkompetisi di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Ya’aman Telaumbanua, SE.,MM

Ketua LP3KD Kabupaten Nias Utara (Ya’aman Telaumbanua, SE.,MM) pada sambutannya menyampaikan bahwa Pesparani merupakan sarana penguatan dan ekspresi penghayatan iman kekatolikan masyarakat katolik Indonesia, sarana untuk menggelorakan semangat dan partisipasi umat katolik dalam menyemarakkan setiap perayaan liturgi dan sebagai ajang pementasan kreasi dan karya cipta seni serta budaya masyarakat katolik.

Pada kesempatan yang sama, mewakili pimpinan DPRD Kabupaten Nias Utara (Amizaro Waruwu, S.Pd) menyampaikan bahwa pesparani merupakan moment yang paling baik untuk terus melakukan silahturami dengan sesama sehingga nilai persaudaraan antara umat beragama di Kabupaten Nias Utara menjadi satu dan bersaudara.

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) pada arahannya menyampaikan bahwa Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik merupakan wadah pembinaan umat katolik untuk membangun diri, membangun rohani untuk meningkatkan iman kepada Tuhan, membangun moral dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tatanan kehidupan. Mengingat Pesparani Katolik suatu kegiatan nasional dan termasuk pembangunan rohani maka Pemerintah Kabupaten Nias Utara mencantumkan kegiatan tersebut dalam rencana kegiatan daerah untuk dilaksanakan sebagaimana visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara yakni terwujudnya Nias Utara yang maju, berdaya saing, beriman dan berbudaya. Pelaksanaan kegiatan Pesparani merupakan yang perdana di Kabupaten Nias Utara.

Pada pelaksanaan Pesparani tersebut, sebagai juara pada lomba paduan suara OMK campuran yakni Paroki ST. Bonifasius Alasa (Wilayah Alasa) juara 1, Paroki ST. Fransiskus Asisi Tuhemberua juara 2 dan Paroki ST. Bonifasius Alasa (Wilayah Namohalu Esiwa) juara 3. Pada lomba menyanyikan psallite kategori dewasa sebagai juara 1 dari Paroki ST. Fransiskus Asisi Tuhemberua, juara 2 dari Paroki STA. Maria Bintang Kerjora Lahewa dan juara 3 dari Paroki ST. Bonifasius Alasa. Pada lomba paduan suara dewasa campuran (PSDC) sebagai juara 1 dari Paroki STA. Maria Bintang Kerjora Lahewa (Rayon Pusat), juara 2 dari Paroki ST. Bonifasius Alasa (Wilayah Namohalu Esiwa), dan juara 3 dari Paroki ST. Fransiskus Asisi Tuhemberua (Rayon ST Bernardus).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Utara, Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara, Pimpinan Organisasi Keagamaan Kabupaten Nias Utara, Pastor se- Kabupaten Nias Utara, ASN dan THL lingkup Kabupaten Nias Utara.