Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Dan Penyambutan Bulan Suci Ramadhan Tahun 1440 H/ 2019 M

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan kegiatan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad dan penyambutan bulan suci Ramadhan Tahun 1440 H/ 2019 M. Kegiatan ini dilaksanakan di tribun Kabupaten Nias Utara yang difasilitasi oleh Bagian Kessos Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Utara dengan tema “Dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan penyambutan bulan suci Ramadhan Tahun 1440 H/ 2019 M mari kita mempererat hubungan wathaniah dalam mendukung program pemerintah” (Selasa, 30 April 2019).

Dalam laporan ketua panitia Mansurman Waruwu,  S.Ag, M.M menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan surat penugasan dari Bupati Nias Utara, Nomor: 451/78/Kessos/2019 tanggal 18 Maret 2019 tentang susunan personil tim pelaksana kegiatan Isra Mi’raj nabi Muhammad dan penyambutan bulan suci ramadhan tahun 1440 H/ 2019 M Pemerintah Kabupaten Nias Utara. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini merupakan realisasi dalam menginplementasikan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Nias Utara serta wujud dalam penghayatan nilai aqidah serta meningkatkan nilai-nilai taqwa kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa.

Pada Arahan Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu,  SE, MM menyampaikan bahwa pelaksanaan pembinaan serta peningkatan iman kepada Tuhan yang Maha Esa melalui perayaan dan kegiatan keagamaan merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam memenuhi misinya dalam meningkatkan kualitas kehidupan sosial kemasyarakatan yang taat hukum, beriman dan berbudaya. Kegiatan yang dilaksanakan saat ini tidak akan pernah membuahkan hasil jika tidak mampu mengambil hikmahnya. Salah satu hikmah Isra Mi’raj yang paling penting adalah tentang kewajiban sholat lima waktu yang Allah perintahkan langsung kepada nabi Muhammad SAW. Dalam sholat terdapat prinsip keteraturan dan ketepatan dalam dimensi waktu maupun cara gerak. Ibadah sholat juga mengandung makna kebersamaan dan jama’ah yang wajib mentaati, mematuhi pimpinan yaitu imam. Dalam rangka menanamkan rasa dan semangat keagamaan pada masyarakat, tata cara ibadah sholat hendaknya diajarkan kepada anak-anak sejak dini melalui pendidikan agama islam. Kunci keberhasilan sholat terletak pada peran orang tua sebagai pelaku pendidikan di keluarga serta kualitas sholat perlu ditingkatkan sehingga setiap muslim merasakan sholat sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi.

Diakhir arahannya, Wakil Bupati Nias Utara mengucapkan selamat memasuki bulan suci ramadhan Tahun 1440 H/ 2019 M semoga amal ibadah pada bulan suci ramadhan ini dapat diterima oleh Tuhan yang Maha Esa sehingga menjadi berkah pada Daerah Kabupaten Nias Utara.

Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Kantor Kementariat Agama Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Kabag, Camat, Penceramah Agama Ustadz Dr. M. Abdi Lubis M.Si, ASN serta THL lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara serta para undangan.