Peringatan Hari Kartini Ke-140, Bupati Nias Utara Minta Perempuan Tingkatkan Kualitas Diri

Diskominfo Nias Utara – Peringatan hari kartini ke-140 tahun 2019 di Kabupaten Nias Utara dengan tema “Jadilah perempuan tangguh diera ekonomi digital” ini merupakan momentum yang dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi perempuan ( Ibu ) untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat lebih mandiri. Hal ini disampaikan Bupati Nias Utara M.Ingati Nazara mengutip arahannya pada peringatan hari Kartini Ke -140 di Kabupaten Nias Utara, jumat (26/04/2019).

Bupati Nias Utara M.Ingati Nazara mengatakan Bahwa suatu inspirasi bagi perempuan (ibu) untuk tidak henti-hentinya meningkatkan kualitas diri agar dapat lebih mandiri, berperan lebih besar dalam pembangunan serta berperan dalam pembentukan generasi penerus pembangunan bangsa yang berkualitas secara ilmu dan pengetahuan, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia serta generasi yang mampu dan siap bersaing secara kompetitif di era global ini, ujarnya.

Menurut Bupati Nias Utara, memperingati hari yang bersejarah bagi perempuan indonesia, tanggal 21 April merupakan simbol perjuangan RA. Kartini dalam melawan dan melepaskan diri dari feodalisme yang dinilai mengekang hak–hak perempuan.

Lebih lanjut dikatakan Bupati , perempuan sebagai salah satu kunci ketahanan keluarga, harus bangkit dan mampu menempatkan dirinya sebagai garda terdepan dalam menciptakan generasi yang tangguh dan handal, sekaligus terbangunnya keluarga yang berkualitas, yang mampu menjalankan fungsi keluarga, baik fungsi keagamaan, fungsi sosial-budaya, fungsi cinta kasih, fungsi melindungi, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi serta fungsi pembinaan lingkungan.

Pada akhir arahannya Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara mengucapkan selamat memperingati hari Kartini yang ke-140 Kabupaten Nias Utara tahun 2019 yang disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Utara Ny. Dermawani M.Ingati Nazara menyampaikan bahwa hari Kartini merupakan hari yg memiliki makna penting khususnya bagi kaum wanita. Jika kita menyimak sejenak petikan biografi RA. Kartini kita salut akan perjuangan RA. Kartini untuk mendapatkan hak-hak seorang wanita yang dulu tidak boleh mendapatkan pendidikantetapi sekarang seorang wanita boleh mendapatkan pendidikan sampai jenjang batas kemampuannya, ujarnya.

Lebih lanjut Ketua TP. PKK Kab. Nias Utara menyampaikan bahwa dengan semangat kartini mari menjalin persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membedakan agama, suku dan ras, karena perbedaan itu justru akan memberi warna dalam kehidupan yang dijalani. Dikesempatan ini saya mengajak kepada kartini-kartini di masa kini untuk dapat menjalankan tugas sebagai pendamping suami, sebagai ibu dari anak-anak tercinta, dan sebagai wanita karier di bidang profesinya masing-masing, ujarnya.

Peringatan hari Kartini ke-140 Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Utara, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD, Camat, Ketua dan anggota TP PKK tingkat Kabupaten dan Kecamatan serta ASN lingkup Kabupaten Nias Utara.