PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL TAHUN 2019 KABUPATEN NIAS UTARA

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 dengan tema “Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak” dengan slogan “Kita Anak Indonesia, Kita Gembira”. Pelaksanaan kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas P2AP2KB Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias Utara (Selasa, 23 Juli 2019).

 

Kepala Dinas P2AP2KB dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2018 tentang Perlindungan Anak, Surat Keputusan Kepala Dinas tentang penetapan panitia Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 dan DPA SKPD Tahun 2019. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran, dan peran aktif/stake holder serta masyarakat dalam bidang kesadaran, pemenuhan hak-hak anak, pemberian layanan pendidikan dan gizi serta pencegahan kekerasan terhadap anak.

 

Pada arahan Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) mnyampaikan bahwa dengan memperingati Hari Anak Nasional kita diingatkan akan tugas dan kewajiban untuk membina anak Indonesia yang berkarakter, berkualitas dan menjadi lebih handal. Di era pasar global, masyarakat ekonomi asean dan target sustainable development goals anak-anak harus dipersiapkan sedini mungkin untuk menghapi kondisi dimaksud karena anak-anak merupakan harapan bangsa, harapan Nias Utara dan harapan kita semua. Suatu bangsa akan maju apa bila generasi pengganti lebih baik dari generasi yang diganti. Sejalan dengan program “Nawacita” Jokowi yang dikenal dengan “Revolusi Mental”, dapat diterapkan dari sisi pembangunan karakter pada anak sebagai harapan bangsa. Anak-anak harus menuntut ilmu pengetahuan setinggi mungkin, memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk hal-hal yang berguna dan bermanfaat, mengembangkan kreaktivitas dan menggali kemampuan untuk menjawab tantangan ekonomi global yang akan dihadapi dimasa depan. “Isilah dan manfaatkan Hari Anak Nasional yang telah kita nikmati lebih kurang 8 dekade, khusus tingkat Nasional, sedangkan untuk tingkat Kabupaten Nias Utara Hari Anak Nasional telah dilaksanakan ketiga kalinya sampai tahun ini” Ujar Bupati Nias Utara.

 

Mengakhiri arahannya, Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) menyampaikan apresiasi kepada Dinas P2AP2KB, PKPA area Nias, dan WVI area Nias atas dukungan dan keikut sertaan dalam membina, mendampingi dan memfasilitasi anak-anak untuk membantu Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam memperjuangkan hak-hak anak.

 

Pada kegiatan ini hadir Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Camat se-Kabupaten Nias Utara,  Ketua TP. PKK Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Perwakilan Kepala Desa dari tiap-tiap Kecamatan se-Kabupaten Nias Utara, Manager WVI area development program Nias 1 dan 2 – Marcell Sinay, ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan Forum Anak Nias Utara.