Peringatan Dan Perayaan Hari Jadi Kabupaten Nias Utara KE-XI Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan upacara dalam rangka peringatan dan perayaan hari jadi Kabupaten Nias Utara Ke-XI Tahun 2019 dengan tema “Nias Utara unggul yang berkarakter. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) dan Komandan Upacara Asisten I (Filifo Harefa, SH). Acara ini dilaksanakan di Tribun Tafaeri Nias Utara (Rabu, 27 November 2019).

Peringatan dan perayaan hari jadi Kabupaten Nias Utara Ke-XI Tahun 2019 ditandai dengan penyerahan lambang daerah oleh Ketua DPRD kepada Bupati Nias Utara, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah Kabupaten Nias Utara oleh Yusman Zega, A.Pi.,M.Si, pembacaan filosofi lambang daerah Kabupaten Nias Utara oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara dan pemotongan kue hari jadi Kabupaten Nias Utara.

Yusman Zega, A.Pi.,M.Si

Ketua panitia (Yusman Zega, A.Pi.,M.Si) melaporkan bahwa pelaksanaan peringatan dan perayaan hari jadi Kabupaten Nias Utara Ke-XI Tahun 2019 bertujuan untuk mengingatkan akan jasa pejuang pemekaran dan bersyukur kepada Tuhan bahwa Kabupaten Nias Utara sudah memiliki kemandirian dan identitas sebagai daerah otonom, melestarikan nilai-nilai sejarah perjuangan terbentuknya Kabupaten Nias Utara dan sebagai momentum untuk melihat sejauh mana keberadaan Kabupaten Nias Utara sebagai daerah otonom mulai pada saat terbentuk hingga pada saat ini serta upaya untuk merancang dan meningkatkan masa depan Kabupaten Nias Utara yang maju dan lebih gemilang.

Binahati B. Baeha, SH

Pada sambutan mewakili tokoh pemekaran (Binahati B. Baeha, SH) menyampaikan agar sejarah pembentukan Kabupaten Nias Utara perlu dilengkapi lagi dengan memperhatikan data-data dan fakta-fakta perjuangan proses pembentukan Kabupaten Nias Utara. Selanjutnya Binahati B. Baeha, SH menyampaikan agar seluruh elemen masyarakat memberikan dukungan kepada para pemimpin untuk dapat bekerja lebih baik demi masa depan generasi penerus. Pola maupun cara berpikir harus diubah supaya dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat yang modern sehingga adanya perubahan dari tataran masyarakat bawah menjadi masyarakat yang lebih baik. Rasa persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga sebab kalau kita satu, kita pasti bisa. Mengakhiri sambutannya, Binahati B. Baeha, SH mengucapakan selamat hari jadi Kabupaten Nias Utara ke-XI Tahun 2019 dan semoga Kabupaten Nias Utara mampu mensejajarkan diri dengan Kabupaten lain.

Arosokhi Waruwu, SH

Mewakili FORKOPIMDA, Wakil Bupati Nias (Arosokhi Waruwu, SH) menyampaikan bahwa kebersamaan, persatuan dan kesatuan merupakan modal utama dalam membangun dan memajukan suatu daerah. Pada kesempatan tersebut, FORKOPIMDA juga mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Nias Utara ke-XI Tahun 2019 serta maju terus dan bersatu.

Sukanto Waruwu, SE

Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (Sukanto Waruwu, SE) menyampaikan bahwa memperingati hari jadi Kabupaten Nias Utara bukan hanya suatu prosesi seremonial yang dilaksanakan dari tahun ketahun melainkan harus ditempatkan sebagai energi positif untuk refleksi dan evaluasi kinerja pemerintah untuk kemajuan Kabupaten Nias Utara. Terbentuknya Kabupaten Nias Utara merupakan sejarah yang tidak dapat terlupakan karena merupakan hasil dari semangat perjuangan para tokoh, organisasi kemasyarakatan dan seluruh lapisan masyarakat. Perjuangan ini terbukti dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2008 tentang pembentukan Kabupaten Nias Utara di Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 26 November 2008. Pada hakekatnya peringatan hari jadi Kabupaten Nias Utara merupakan momentum yang dapat dijadikan untuk mengevaluasi perjalanan serta perkembangan Kabupaten Nias Utara supaya semakin baik dan sejahtera.

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Pada arahan Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) menyampaikan bahwa peringatan dan perayaan hari jadi Kabupaten Nias Utara Ke-XI Tahun 2019 merupakan momentum untuk melakukan evaluasi atas pelaksanaan berbagai program pembangunan serta hasil yang telah dicapai, memperkuat maupun membangun koordinasi serta sinergitas dalam penyelenggaraan pemerintah pembangunan dan kemasyarakatan. Dengan hari jadi Kabupaten Nias Utara Ke-XI dapat membenahi diri untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM yang berdasarkan pada nilai-nilai budaya dengan menumbuhkan kembali nilai-nilai gotong royong yang sudah mulai luntur yang dapat meningkatkan harkat dan martabat sebagai ono niha. Hal ini dapat terwujud dengan adanya kesadaran dan kebijakan yang selalu dilandasi dengan kearifan lokal yang dipandu dengan kreaktivitas dan sentuhan teknologi dengan penerapan berbagai inovasi. Pada kesempatan itu Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa tahun depan adalah tahun politik. Perbedaan yang ada jangan sampai mengakibatkan perpecahan dimasyarakat sebab setiap warga Negara berhak memilih dan dipilih sesuai dengan peraturan yang ada. Mengakhiri arahannya, Bupati Nias Utara menyampaikan semoga dihari jadi Kabupaten Nias Utara Ke-XI menjadi momentum untuk terus berkarya dan berjuang mewujudkan Kabupaten Nias Utara yang sejahtera.

Acara ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, unsur FORKOPIMDA, Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, TNI dan POLRI, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Nias Utara, Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara, Mantan Pejabat Kabupaten Nias Utara, Ketua TP. PKK dan DWP Kabupaten Nias Utara, ASN Lingkup pemerintah Kabupaten Nias Utara, Kepala Desa, Tokoh dan Masyarakat se-Kabupaten Nias Utara.

Foto lainnya bisa dilihat disini.