PENYELENGGARAAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM PRATAMA KABUPATEN NIAS UTARA

Kadis Kesehatan Kab. Nias Utara (Yoniari Nazara, S.Kep)

Lotu-Diskominfo Nisut. Sejak diresmikan penggunaannya oleh Bupati Nias Utara pada tanggal 5 Maret 2019 yang lalu Rumah Sakit Umum Pratama Kabupaten Nias Utara telah efektif melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Sejak peresmian tersebut, Rumah Sakit Umum Pratama Tipe D ini pada hari pertama dan kedua beroperasi langsung melaksanakan pengobatan massal kepada masyarakat Kabupaten Nias Utara dengan memberikan pengobatan secara gratis.

 

 

Direktur RSU Pratama Kab. Nias Utara (dr. Warisman Lahagu, M.Kes)

Rumah Sakit Umum Pratama Kabupaten Nias Utara saat ini memiliki 6 orang tenaga dokter yang terdiri dari 4 orang Dokter Umum, 1 orang Dokter Gigi dan 1 orang dokter Fungsional, dan 43 orang Perawat yang terdri dari 10 orang S1 Keperawatan dan 33 orang D3 keperawatan, 3 orang D3 Farmasi, 1 orang D3 Perawat Gigi, 1 orang S1 Gizi, 3 orang D4 Gizi, 2 orang D4 Bidan, 15 orang D3 Bidan, 3 orang  D3 Analisis dan 1 Orang Tata Usaha  yang selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sampai saat ini jumlah total pengunjung Rumah Sakit Umum Pratama Kabupaten Nias Utara berjumlah 789 orang pasien termasuk pasien rawat inap dan mereka mendapatkan berbagai macam pelayanan seperti Pelayanan Rawat Jalan (Poli Klinik), Pelayanan Gawat Darurat (UGD), dan Pelayanan rawat inap (Rawat inap dewasa dan rawat inap anak). Di Rumah Sakit Umum yang sudah beroperasi selama 2 (dua) bulan lebih ini terdapat 2 Poli yaitu Poli Klinik Gigi dan Poli Klinik Umum yang ke depannya akan dikembangkan dan ditambah lagi dengan jenis poli klinik lainnya. Rumah sakit Umum Pratama memiliki  23 kamar rawat inap  dan terdiri dari 46 tempat tidur dan 1 tempat pelayanan UGD yang terdiri dari 5 tempat tidur.  Pelayanan Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Pratama memberikan pelayanan 24 jam kepada pasien. Selain pelayanan 24 jam, Rumah Sakit Umum Pratama juga menyediakan pelayanan penunjang seperti laboratorium dan dapur gizi serta fasilitas lain seperti rekam medis.

Dalam rangka meningkatkan dan memaksimalkan pelayanannya kepada Masyarakat, pada tahun 2019 ini pembangunan di Rumah Sakit Umum Pratama Kabupaten Nias Utara akan dilanjutkan diantaranya adalah : Lanjutan Pembangunan laundri, pembangunan kamar jenazah, pembangunan papan merk dan portal pintu gerbang dan pembangunan parkir.

Rumah Sakit Umum Pratama Kabupaten Nias Utara saat ini sedang juga menyiapkan MoU melaksanakan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias dan RSU Gunungsitoli untuk melakukan Pembinaan serta Supervisi melatih dan mendukung Rumah Sakit Umum Pratama Kabupaten Nias Utara khususnya dalam bidang SDM. Selain itu, akan dilaksanakan juga kerjasama dengan BPJS yang nantinya akan memberi keuntungan dan keringanan biaya kepada pasien yang akan berkunjung.

Foto : Pasien Rawat Inap

Tidak ada istilah Kelas I, Kelas II, Kelas III maupun Kelas VIP di Rumah Sakit Umum Tipe D Pratama. Semua kelas yang ada di Rumah Sakit Umum ini sama, artinya bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tidak dibeda-bedakan sesuai dengan tata nilai Rumah Sakit Umum yaitu TAFAERI yang artinya Tanggap dalam memberi pelayanan, Aman dan nyaman, Fokus dalam pelayanan, Adil, Empati, Responsif dan Inovatif. Hal ini disampaikan oleh Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara pada pidatonya saat peresmian Rumah Sakit Umum Pratama Nias Utara pada tanggal 5 Maret 2019 yang lalu.

Rumah Sakit Umum Pratama Kabupaten Nias Utara akan terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan untuk menjadikannya salah satu Rumah Sakit Umum yang terakreditasi sehingga menjadi Rumah Sakit Umum Pratama Tipe C (Tipe Tertinggi tingkat Kab/Kota) yang dapat bermanfaat bagi masyarakat pulau Nias pada umumnya dan Nias Utara pada khususnya. Mari manfaatkan fasilitas yang ada untuk berobat di Rumah Sakit Umum Pratama Kabuptaten Nias Utara.

 

Sumber  : Dinkes Kab. Nias Utara & Direktur RSU Pratama Kab. Nias Utara

Editor    : Diskominfo Kab. Nias Utara