PENINGKATAN DISIPLIN DAN PENEGAKAN HUKUM PROTOKOL KESEHATAN DI KABUPATEN NIAS UTARA

Dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Nias Utara, Satuan Tugas (Satgas) Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan melaksanakan pertemuan di ruang Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Nias Utara (Senin, 21 September 2020).

Yafeti Nazara, S.Kep., M.Kep., NSpM (Sekda Kab. Nias Utara)
Yafeti Nazara, S.Kep., M.Kep., NSpM (Sekda Kab. Nias Utara)

Pada arahan Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara (Yafeti Nazara, S.Kep., M.Kep., NSpM) menyampaikan bahwa kegiatan pelaksanaan peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 Tingkat Kabupaten Nias Utara harus segera dilaksanakan dengan mempedomani tata kerja dan pedoman yang telah disusun serta Peraturan Bupati Nomor 37 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan serta  Peraturan Bupati Nomor 36 tentang Tatanan New Normal.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan peningkatan disiplin diawali dengan pelaksanaan sosialisasi dan edukasi dalam penanganan Covid-19 secara terpadu yang telah tergabung dalam Satgas serta pemberian pelayanan kesehatan yang memadai. Untuk pelaksanaan penegakan hukum dilaksanakan secara perorangan, pelaku usaha, pengelola penyelenggara, atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum dengan berpedoman pada Peraturan Bupati yang merupakan tindak lanjut dari Peraturan Gubernur Nomor 34 Tahun 2020.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah juga menympaikan bahwa Karantina kesehatan tetap dilaksanakan dalam upaya mencegah dan menangkal keluar atau masuknya penyakit dan atau faktor resiko kesehatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat dalam pandemi Covid-19.  Mengakhiri arahannya, Sekda berharap agar operasi yang dicanangkan oleh Gubernur yang berlaku dari tanggal 21 September sampai 4 Oktober 2020 dapat segera dilaksanakan.

Pertemuan ini dihadiri oleh Asisten, Kepala OPD, Kabag, TNI dan POLRI.