PENGURUS MABICAB DAN KWARCAB GERAKAN PRAMUKA KABUPATEN NIAS UTARA RESMI DILANTIK

Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Nias Utara masa bakti 2021-2026 resmi dilantik, pada Senin (13/9/2021), di aula Tafaeri Kantor Bupati Nias Utara.

Prosesi ini dipimpin oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Utara  H. Nurdin Lubis, diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK), pengucapan ikrar, dan penandatanganan naskah pelantikan.

 

SK menetapkan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd  sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi., M.Si sebagai Ketua Harian, unsur Forkopimda sebagai Wakil Ketua dan Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara sebagai Sekretaris. Sedangkan untuk kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka Nias Utara diketuai Yusman Zega, A.Pi., M.Si.

Yusman Zega, A.Pi, M.Si (Wakil Bupati Nias Utara)

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Nias Utara Yusman Zega, A.Pi., M.Si dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasih atas kehadiran Kwarda Provinsi Sumatera Utara beserta rombongan.

Demikian juga kepada Bupati Nias Utara selaku Ketua Mabicab yang pada kesempatan itu juga telah melantik pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Nias Utara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Nias Utara mengucapkan terimakasihnya dan berharap bahwa amanah yang dipercayakan kepadanya dapat diemban dengan sebaik baiknya, tentunya dengan kerjasama, ketulusan dan komitmen seluruh pengurus.

Ketua Kwarcab Kab. Nias Utara berjanji segera akan menyusun program untuk membina pemuda bangsa khususnya pemuda pemudi di Kabupaten Nias Utara karena mengarahkan dan mengembangkan pemuda adalah tugas bersama.

“Mari kita mengutamakan kerjasama,  selalu berperan aktif dan memiliki kepedulian dalam rangka membina masa depan generasi penerus.” ucapnya

Folo’o Harefa, MM (Plh. Sekda Kab. Nias Utara)

Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara Plh. Sekda Kab. Nias Utara Folo’o Harefa, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka di Nias Utara telah beberapa kali dibentuk kepengurusannya dan SK-nya yang diurus oleh Pemerintah telah ada pada Tahun 2019. Namun, karena berbagai hal maka pada hari ini pelantikan baru bisa terlaksana dan sah secara hukum.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara mulai hari ini sejak pelantikan akan mendukung penuh gerakan pramuka di Nias Utara.” tegasnya.

Sukanto Waruwu, SE (Ketua DPRD Kab. Nias Utara)

Dalam Sambutan Ketua DPRD Nias Utara Sukanto Waruwu, SE mengharapkan kepada pemerintah Nias Utara untuk menjalin kerjasama yang baik dengan DPRD demi memajukan gerakan pramuka di Nias Utara sehingga anggota Pramuka di Nias Utara bisa menjadi pemimpin-pemimpin masa depan. Disampaikannya bahwa DPRD menyambut baik dan siap membuka diri untuk bekerjasama memajukan Pramuka Nias Utara.

Amizaro Waruwu, S.Pd (Bupati Nias Utara)

Pada kesempatan tersebut, Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gerakan pramuka adalah miliknya para pemuda.  Membimbing dan membina para pemuda agar menjadi pribadi-pribadi yang berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki kepribadian yang tangguh, berpengetahuan, terampil, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

Bupati Nias Utara mengharapkan kepada seluruh anggota yang telah dilantik hari untuk segera turut ambil bagian dalam melakukan gerakan kepramukaan di Nias Utara sehingga gerakan pramuka ini mendapat perhatian dari generasi muda, mampu mencetak pramuka yang berpendidikan, cinta tanah air, berkarakter, berbudi pekerti dan mampu menghadapi masalah dan tantangan.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Utara, H. Nurdin Lubis mengatakan siap dan membuka diri untuk membina kepramukaan di Nias Utara, siap berbagi dan berkoordinasi bagaimana membentuk kepengurusan kepramukaan yang baik.

Selanjutnya, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Utara berharap bahwa Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Nias Utara harus mampu dan berupaya tampil dengan paradigma baru saling asah, asih dan asuh dalam mewujudkan visi misi pramuka sebagai wadah pembentukan watak dan budi pekerti yang luhur melalui pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan dan kepentingan masyarakat bangsa dan negara.

“Gerakan pramuka di Nias Utara harus dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip organisasi yang baik. Semoga pramuka di Nias Utara menjadi wadah pendidikan bagi anggota dan juga bermanfaat kepada seluruh masyarakat” tutupnya.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Plh. Sekda Nias Utara, Ketua Kwarcab Kota Gunungsitoli, Ketua dan Wakil Ketua beserta anggota DPRD Kab. Nias Utara, Asisten, Staf ahli, OPD lingkup Kab. Nias Utara, Camat se-Kabupaten Nias Utara, Perwakilan Forkopimda, Rombongan Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara, Camat se Kabupaten Nias Utara dan undangan lainnya.