Pemkab Nias Utara Melakukan Audensi Dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) bersama rombongan untuk kedua kalinya kembali melakukan audensi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI (Edhy Prabowo) dalam rangka sinkronisasi pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Nias Utara yang bertempat di ruang rapat Gedung Mina Bahari IV lantai 16 Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (Selasa, 28 Januari 2020).

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)
M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Pada audiensi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI tersebut Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Nias Utara sangat potensial dan perlu dukungan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk pengembangannya. Saat melaksanakan kunjungan di Pulau Nias pada tanggal 19 Agustus 2016 yang lalu Presiden RI Jokowi menyatakan bahwa ada 2 potensi yang perlu dikembangkan di Pulau Nias dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakatnya yaitu sektor Pariwisata dan Perikanan. Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Nias Utara terus mendorong perhatian pemerintah pusat dan investor untuk melakukan investasi program pembangunan khususnya di sektor kelautan dan perikanan baik untuk pengembangan sumberdaya manusianya, sarana dan prasarana perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

Dalam sambutannya Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo menyatakan bahwa Pulau Nias memiliki potensi kelautan dan perikanan yang luar biasa dan perlu pemetaan potensi. Zona atau daerah potensi lahan budidaya yang akan dikembangkan misalnya budidaya udang dan lahan yang strategis untuk pembangunan pangkalan armada penangkapan ikan atau pelabuhan perikanan perlu dipetakan. “Lahan harus jelas hibahnya dan peruntukannya serta sesuai dengan ketentuan. Budidaya pembesaran lobster akan menjadi perhatian program pemerintah pusat dan untuk lebih lanjut dinas teknis dalam hal ini Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara diharapkan dapat melaksanakan diskusi lebih lanjut dengan Ditjen lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan”, ungkap beliau. Diakhir sambutannya Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo menyatakan rencananya ke depan untuk berkunjung mengelilingi 5 Kabupaten/Kota di Pulau Nias dalam rangka pengembangan sektor perikanan.

Foto bersama Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI (Edhy Prabowo)

Pelaksanaan audensi ini turut dihadiri anggota DPR RI, Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara, Kepala Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan, Plt. Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan bagian Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara serta Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara.