PEMKAB NIAS UTARA LAKSANAKAN ORIENTASI PENGENALAN TUGAS CPNS FORMASI 2018 TAHUN ANGGARAN 2019

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan kegiatan Orientasi Pengenalan Tugas bagi CPNS Formasi 2018 di Aula Kantor Bupati Kabupaten Nias Utara yang difasilitasi Oleh BKD Kab. Nias Utara dan di ikuti sebanyak 238 orang dengan keterangan 63 orang tenaga kesehatan, 125 0rang Tenaga Pendidikan, dan 50 orang Tenaga Teknis (Selasa, 21 Mei 2019).

 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kab. Nias Utara Toloni Waruwu, S.H.,M.Si yang juga sebagai ketua tim orientasi CPNS dalam laporannya mengatakan bahwa, dasar pelaksanaan kegiatan Orientasi Pengenalan Tugas bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2018 telah dimuat dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Keputusan Bupati Nias Utara Nomor 800/116/K/Tahun 2019 tanggal 16 Mei 2019 tentang Pembentukan Tim Orientasi Pengenalan Tugas bagi calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara Formasi Tahun 2018 dan Program Pegawai Tidak Tetap Kementrian Kesehatan Tahun Anggaran 2018. Ia pun menambahkan tujuan dari kegiatan ini yaitu pembekalan agar Pegawai Negeri Sipil mengetahui dan memahami serta mampu menjalankan tugas dan fungsinya dalam rangka peningkatan pengetahuan dan ketrampilan serta bermental baik, bersih, jujur dan penuh tanggungjawab terhadap tugasnya. Disamping hal tersebut, pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu usaha pembinaan untuk pengenalan awal tempat atau lingkungan kerja bagi calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kab. Nias Utara termasuk juga tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi.

 

Di kesempatan yang sama, Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Wakil Bupati Haogosochi Hulu SE.,MM dalam arahannnya mengucapkan selamat kepada peserta orientasi  CPNS tahun 2018. Wakil Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa pelaksanaan orientasi pengenalan tugas sangatlah penting dan diharapkan agar seluruh peserta mengikuti dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memiliki manfaat bagi semua peserta. Setelah menyampaikan arahannya,Wakil Bupati Haogosochi Hulu SE.,MM membuka secara resmi kegiatan Orientasi pengenalan tugas bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi tahun 2018 sambil memberikan tanda pengenal kepada beberapa utusan anggota orientasi yang diikuti juga oleh para assisten dan staf ahli.

Selain menyampaikan arahan dan membuka secara resmi kegiatan orientasi pengenalan tugas CPNS formasi Tahun 2018, Wakil Bupati Nias Utara pada kesempatan yang sama juga menjadi nara sumber pada kegiatan tersebut. Dalam pemaparannya Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu SE.,MM menyampaikan bahwa saat ini untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 Aparatur Sipil Negara dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Revolusi industri 4.0 mendorong terjadinya disrupsi dalam berbagai bidang yang memberikan tantangan dan sekaligus peluang. ASN harus mampu memberikan pelayanan prima, meningkatkan kualitas kerja serta tata kelola serta menjaga akuntabilitas. Perubahan terjadi sangat cepat sehingga ASN dituntut harus bisa berpikir “out of the box” atau berpikir di luar kebiasaan untuk menjawab suatu tantangan namun tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Kegiatan orientasi pengenalan tugas bagi Calon Pegawai Negeri Sipil formasi tahun 2018 di lingkup Pemerintahan Kabupaten Nias Utara dilaksanakan selama 3 Hari ( 21 – 23 Mei 2019).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Oleh staf ahli, Asisten Sekda, Kepala OPD, ASN dan THL di Lingkup Pemerintah Kab. Nias Utara.