Pemkab Nias Utara Gelar Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2019

Lotu | Diskominfo Nisut – Pemerintah Kabupaten Nias Utara  menggelar Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2019 di Lapangan Kantor Bupati Nias Utara (Sabtu 1 Juni 2019), dengan tema “Kita Indonesia, Kita pancasila”. Bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara.

Dalam sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibacakan Bupati Nias Utara, disampaikan bahwa sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Kedua, dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “Leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke  depan.

Pada akhir sambutan Kepala BPIP yang dibacakan Bupati Nias Utara disampaikan bahwa melalui Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluru bangsa indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Turut hadir dalam Upacara tersebut Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, TNI/Polri, Kepala OPD lingkup Kabupaten Nias Utara, sejumlah ASN dan THL serta siswa-siswi utusan sekolah lingkup Kabupaten Nias Utara.