Pemerintah Kabupaten Nias Utara Laksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional Tahun 2019

Diskominfo Kabupaten Nias Utara | Lotu – Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional Tahun 2019 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Nias Utara (Rabu, 17 Juli 2019). Upacara Hari Kesadaran Nasional tersebut berjalan dengan baik, dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Gunungsitoli AKBP Faduhusi Zendrato, SH.,MH bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kepala BNN Kota Gunungsitoli (AKBP Faduhusi Zendrato, SH.,MH) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peredaran Narkoba untuk saat ini sudah sangat memprihatinkan, terutama dikalangan anak-anak, remaja dan putra-putri kita yang sedang sekolah dan perhatian orangtua sangat dibutuhkan untuk terus memantau tumbuh kembang anak dan pengawasan terhadap lingkungannya. Kepala BNN Kota Gunungsitoli juga menyampaikan kepada setiap Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah setidaknya ada 6 rencana aksi generik yang harus dilaksanakan, antara lain :

 

  1. Tersosialisasikannya informasi bahaya Narkotika dan Prekursor Narkotika melalui berbagai saluran komunikasi yang dikelola oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah;
  2. Terbentuknya regulasi tentang P4GN di lingkup Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah;
  3. Terlaksananya tes urine kepada seluruh Pegawai Aparatur Sipil Negara yang pelaksanaanya berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi/Kabupaten Kota;
  4. Terbentuknya satuan tugas/relawan anti Narkotika dan Prekursor Narkotika;
  5. Terselenggaranya pemberdayaan potensi masyarakat pada kawasan rawan dan rentan Narkotika dan Prekursor/Narkotika;
  6. Tersedianya data P4GN yang merupakan sekumpulan data tentang pelaksanaan program P4GN oleh masing-masing OPD.

Pada akhir sambutannya Kepala BNN Kota Gunugsitoli juga menyampaikan bahwa untuk mencapai dan melaksanakan hal tersebut terutama dalam melaksanakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran Narkotika ditengah-tengah masyarakat bukan semata-mata hanya kerja BNN, tetapi merupakan tugas bersama yang menuntut sinergitas semua pemangku kepentingan.

Upacara Hari Kesadaran Nasional tersebut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli Bupati,  Asisten Sekda Kabupaten Nias Utara, ASN dan THL lingkup Kabupaten Nias Utara.