PEMERINTAH KABUPATEN NIAS UTARA LAKSANAKAN BIMBINGAN TEKNIS KEMUDAHAN BERUSAHA MELALUI ONLINE SINGLE SUBMISSION RISK BASED APROACH (OSS-RBA)

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nias Utara melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kemudahan berusaha melalui  Online Single Submission Risk Based Aproach (OSS-RBA) kepada pelaku usaha di Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Taman Naya, Lotu, (Selasa 30 November 2021).

Devi Afriyanti, S.H.,M.M (Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nias Utara)

Dalam laporan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nias Utara Devi Afriyanti, S.H.,M.M mengatakan bahwa kegiatan Bimtek/sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan realisasi penanaman modal, peningkatan jumlah pelaku usaha yang memiliki perizinan berusaha serta meningkatkan jumlah pelaporan kegiatan modal (LKPM). Kegiatan ini  dilaksanakan 7 kali pertemuan dari tanggal 30 November sampai 3 Desember 2021 dengan metode materi dari narasumber internal dan eksternal, tanya jawab dan pratek langsung.

Yusman Zega, A.Pi.,M.Si (Wakil Bupati Nias Utara)

Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si dalam arahannya menyampaikan Bahwa sejalan dengan arah Kebijakan Nasional peningkatan investasi dan kualitas penanaman modal merupakan modal utama mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Pada arahan Presiden Joko Widodo dalam Rakornas Investasi pada tanggal 24 November 2021 yang lalu menyampaikan bahwa yang namanya investasi mencakup seluruh jenis usaha, baik usaha kecil maupun usaha besar. Bahkan usaha kecil merupakan penopang ekonomi Negara kita dimasa pandemic covid 19 saat ini, dimana dengan bertumbuhnya usaha kecil, daya beli masyarakat akan naik konsumsi masyarakat akan naik, peertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat” jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa dalam rangka percepatan pelaksanaan di daerah dan pusat telah melakukan berbagai upaya dengan memberi kemudahan bagi para pelaku usaha untuk memperoleh perizinan.

“Salah satunya perizinan usaha secara Online demi mempermudah masyarakat dari segi waktu dan biaya apalagi dimasa pandemi Covid 19 yang sedang mewabah saat ini” ucapnya.

Mengakhiri arahannya, Wakil Bupati berharap seluruh peserta atau pelaku usaha yang mengikuti Bimtek/ Sosialisasi agar bersungguh sungguh dan mengikutinya dengan baik sehingga pada akhirnya para peserta dapat mengurus secara mandiri perizinan usahanya melalui aplikasi OSS-RAB (Online Single Submssion Risk Based Aproach).

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh Pelaku Usaha dan Calon Pelaku Usaha dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Nias Utara. Turut Hadir dalam Acara Pembukaan kegiatan ini, ASN DPMP2TSP Kabupaten Nias Utara dan para peserta BIMTEK.