PEMERINTAH KABUPATEN NIAS UTARA GELAR UPACARA PERINGATAN DAN PERAYAAN HARI JADI KABUPATEN NIAS UTARA KE-13 TAHUN 2021

Pemerintah Kabupaten Nias Utara menggelar Upacara peringatan  dan perayaan Hari Jadi Kabupaten Nias Utara Ke-13 Tahun 2021 dengan tema “Ekonomi Pulih, Nias Utara Tangguh”, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Nias Utara (Senin, 29 November 2021).

Dalam pelaksanaan upacara yang berlangsung hikmat dengan cuaca yang sangat mendukung dan tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Nias Utara (Amizaro Waruwu, S.Pd)  dan Komandan Upacara Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Idris Zendrato, S.AP).

Sebelum Upacara di mulai, Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (Sukanto Waruwu, SE) menyerahkan Lambang Daerah Kabupaten Nias Utara Kepada Bupati yang didampingi Wakil Bupati Nias Utara.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan acara ramah-tamah yang berlangsung di Aula Tafaeri Kabupaten Nias Utara. Pada pelaksanaan ramah-tamah tersebut diisi dengan acara pemotongan Tumpeng oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara dan Pemotongan Kue oleh Bupati bersama Wakil Bupati Nias Utara di hadapan para undangan yang turut hadir memeriahkan acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, mewakili sambutan tokoh pemekaran Kabupaten Nias Utara  Drs. Baziduhu Zebua menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan atas telah terbentuknya Kabupaten Nias Utara sehingga dapat memperingati hari jadinya Ke-13.

“Semua karena kasih Tuhan dan dengan perjuangan serta jerih payah para tokoh-tokoh masyarakat sehingga Kabupaten Nias Utara ada hingga saat ini” ucapnya.

Drs. Baziduhu Zebua

Drs. Baziduhu Zebua berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara kedepannya mampu mensejahterahkan masyarakat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah Kabupaten Nias Utara.

“Melalui peringatan Hari Jadi ke-13 Nias Utara marilah kita evaluasi tatakelola pemerintahan untuk kesejahteraan masyarakat” tutupnya.

Sukanto Waruwu, SE (Ketua DPRD Kab. Nias Utara)

Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Sukanto Waruwu, SE. dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan syukur atas pelaksanaan peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Utatra yang ke-13.

“Hari ini kita bisa berkumpul disini dan bersyukur karena sudah tiga belas tahun Kabupaten Nias Utara telah berdiri dan yang menikmatinya adalah kita semua yang berada di ruangan ini, oleh karena jerih payah saudara-saudara kita yang telah bekerja memperjuangkan pemekaran Kabupaten Nias Utara” ucapnya.

Ketua DPRD juga menyampaikan dengan pemerintahan yang baru dan personil yang sudah dipersiapkan kedepan untuk menduduki jabatan-jabatan strategis pada OPD segala program pemerintahan di masa transisi ini dapat berjalan dengan baik.

“Harapan saya, seluruh OPD mampu berinovasi dan bekerja dengan baik, serta bisa menunjukan kinerja yang terbaik” harapnya.

Mengakhiri sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara berharap kedepannya kerjasama antara Pemerintah Daerah dan DPRD terus terjaga dengan baik sehingga segala program-program dapat diwujudkan sesuai yang diharapkan untuk kesejahteraan masyarakat Nias Utara.

Yusman Zega, A.Pi., M.Si (Wakil Bupati Nias Utara)

Dalam arahan Bupati Nias Utara, yang diwakili oleh Wakil  Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi., M.Si, menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara saat ini telah merencanakan dan menetapkan berbagai program untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nias Utara. Diantaranya telah dirumuskan 4 paket kebijakan pembangunan ekonomi daerah yaitu PSDD, DeMO, MiPED dan ProDB.

“Program Dana Bergulir (ProDB) sudah diberikan kepada dinas-dinas dan silahkan diaplikasikan dalam program kegiatan, sehingga program pemerintah dapat terwujud dengan baik dan dirasakan oleh masyarakat” ucapnya.

Wakil Bupati Nias Utara juga berharap semua program-program utama pembangunan infrakstruktur bisa tersalurkan dengan baik sebagaimana mestinya sehingga masyarakat dapat mengembangkan ekonominya.

Mengakhiri arahannya, Wakil Bupati menyampaikan bahwa selama dalam pemerintahan kurang lebih tujuh bulan ini, masih banyak kekurangan dan berharap dukungan doa dari seluruh masyarakat agar seluruh program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

Turut hadir dalam memeriahkan hari Jadi Kabupaten Nias Utara yang ke-13  tersebut Pj. Sekda Nias Utara, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua dan Anggota TP.PKK Kab. Nias Utara, Camat lingkup Pemerintah Kab.Nias Utara, ASN, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat.