PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN NIAS UTARA BERSAMA KODIM 0213 NIAS LAKSANAKAN SOSIALISASI NORMALISASI SUNGAI EHAU

Lotu, Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara Bersama Kodim 0213 Nias melaksanakan Sosialisasi Kegiatan Normalisasi Sungai Ehau Kecamatan Lotu yang dihadiri oleh masyarakat penghibah tanah. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias Utara, Jumat 07 Mei 2021.

Pada laporan Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan sosialisasi ini adalah kelanjutan Nota kesepakatan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara melalui Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara dengan Dandim 0213 Nias Pada tanggal 10 Desember 2020 tentang Normalisasi sungai Ehau Kecamatan Lotu dan sungai Tumula Kecamatan Alasa. Biaya normaslisasi ini dianggarkan dalam APBD Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2021 dimana tahapan yang dilakukan hari ini adalah tahapan sosialisasi kepada masyarakat pemilik Lahan. Selanjutnya setelah sosialisasi adalah tahap penandatanganan kontrak yang akan dilaksanakan pada minggu ke-II bulan Mei tahun 2021.

Selanjutnya dalam sambutan Dandim 0213 Nias Letkol Inf TP Lobuan Simbolon menyampaikan bahwa kegiatan normalisasi ini merupakan bagian dari Tugas Pokok dan pengabdian TNI kepada mayarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Nias Utara, untuk mendukung pembangunan Infranstruktur Daerah. Pada kesempatan tersebut Dandim berharap seluruh masyarakat Kabupaten Nias Utara untuk mendoakan dan mendukung TNI dalam melaksanakan Normalisasi Sungai Ehau ini.

Sukanto Waruwu, SE (Ketua DPRD Kab. Nias Utara)

Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara Sukanto Waruwu, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa niat Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara yang bekerjasama dengan Kodim 0213 Nias untuk melaksanakan normalisasi sungai Ehau sepanjang 2,5 Km dapat memberikan dampak dan manfaat langsung kepada masyarakat Kabupaten Nias Utara, khususnya masyarakat yang berada di sekitar ibu kota Kabupaten Nias Utara tersebut. Ketua DPRD berharap normalisasi yang dilaksanakan dapat mengatasi atau meminimalisir banjir yang terjadi selama ini.

“Kami dari Lembaga DPRD Kabupaten Nias Utara mendukung kegiatan ini dan mendoakan anggota TNI dapat menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik serta berharap seluruh masyarakat mendukung penuh kegiatan ini, “pungkasnya mengakhiri sambutan.

Yusman Zega, A.Pi.,M.Si (Wakil Bupati Nias Utara)

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Masyarakat Penghibah Tanah yang telah rela sebagian lahannya dimanfaatkan untuk normalisasi sungai Ehau. Wakil Bupati juga mengucapkan terimakasih Kepada Kodim 0213 Nias yang sudah berkenan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara untuk melaksanakan normalisasi Sungai Ehau.

Selanjutnya, kepada Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara sebagai Perencana dan pelaksana teknis kegiatan, Wakil Bupati berharap agar bersungguh-sungguh melakukan Pengawasan pelaksanaannya sehingga banjir yang selama ini terjadi bisa diatasi dan normalisasi tidak dilakukan berulang.

Selaras dengan apa yang disampaikan oleh Dandim 0213 Nias dan Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara sebelumnya, di akhir arahannya Wakil Bupati Nias Utara berharap seluruh masyarakat dapat mendukung dan mendoakan agar Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada TNI dalam menyelesaikan pekerjaan normalisasi sungai Ehau yang dilaksanakan pada tahun 2021 ini.

Materi Dalam kegiatan sosialisasi ini disampaikan langsung Oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nias Utara Bernard Nazara, ST.,ME serta diisi dengan diskusi dan tanya jawab dengan masyarakat penghibah tanah.

 

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kapolsek Lotu, Danramil Lahewa dan sejumlah angota TNI 0213 Nias serta masyarakat penghibah tanah.