Pemberangkatan Kontingen Kabupaten Nias Utara Pada Kegiatan Yaahowu Nias Festival Tahun 2019 Di Kabupaten Nias Barat

Dalam rangka mengikuti perlombaan pada event Yaahowu Nias Festival yang dilaksanakan di Kabupaten Nias Barat, Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan acara pemberangkatan kontingen Kabupaten Nias Utara. Acara ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias Utara yang  difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara (Selasa, 12 November 2019).

Bazisokhi Hulu, S.IP.MM (Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Nias Utara)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara (Bazisokhi Hulu, S.IP.MM) melaporkan bahwa kontingen yang diberangkatkan yakni tim pelatih 5 orang dan peserta 45 orang (laki-laki 25 orang dan perempuan 20 orang). Kegiatan dan perlombaan yang diikuti antara lain Pertunjukan Medley Budaya Kabupaten Nias Utara, Yaahowu Nias Carnaval 2019, Stand Pameran Yaahowu Nias Festival 2019, Pertandingan Voli Pantai, Lomba Permainan Rakyat, Yaahowu Idol, Festival Maena Kreasi, Pemilihan Puteri Pariwisata se-Kepulauan Nias, Festival Atraksi Silat Nias dan Malam Pesona Budaya Nias Utara.  

Dermawani Gea (Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Utara)

Pada sambutan Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Utara (Dermawani Gea) menyampaikan agar seluruh kontingen harus mengikuti dan melaksanakan petunjuk maupun ketentuan dari panitia, menunjukan penampilan yang terbaik saat mengikuti perlombaan serta menjaga nama baik Kabupaten Nias Utara.

Haogosochi Hulu, SE, MM (Wakil Bupati Nias Utara)

Melalui arahannya Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE, MM) menyampaikan bahwa Yaahowu Nias Festival merupakan event tahunan kepulauan nias serta salah satu event pariwisata nasional yang masuk dalam 100 wonderful event Indonesia. Event ini sebagai ajang promosi potensi budaya daerah Kabupaten Nias Utara kepada wisatawan domestik dan manca Negara. Seluruh kontingen harus mempunyai kolaborasi yang baik dari berbagai aspek pada saat menampilkan maupun mengikuti perlombaan.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara, Ketua DWP Kabupaten Nias Utara, ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan Orang tua para peserta.