PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2019

Pemerintah kabupaten Nias Utara melaksanakan kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata tahun 2019 yang di fasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara yang berlokasi di Aula JJD Cafe and Resto Kabupaten Nias Utara (Senin, 24 Juni 2019).

Sekdis Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Nias Utara Maswan Harefa, SE dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini yaitu Pelatihan tata kelola destinasi pariwisata kab. Nias Utara tahun 2019 sesuai keputusan Bupati Nias Utara Nomor 556/153/K/Tahun 2019 tanggal 18 Juni 2019 tentang pembentukan Panitia Penyelenggara Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kabupaten Nias Utara tahun 2019 dengan tujuan untuk Memahami Diversifikasi produk dan dasar kepariwisataan, Mengetahui dan memahami pelayanan prima, Memahami kompetensi di bidang masing-masing, Mampu mengimplementasikan kompetensinya untuk meningkatkan kinerja di bidang masing-masing, Memberikan pemahaman kepada seluruh  pemangku kepentingan di bidang kepariwisataan tentang konsep sadar wisata dan sapta pesona dalam meningkatkan kualitas pelayanan dalam pengembangan kepariwisataan di Kab. Nias Utara, dan Menumbuhkan sikap Pro-Aktif dan perilaku positif insan pariwisata termasuk pelaku usaha dan pengurus POKDARWIS serta Stakeholders pariwisata lainnya melalui perwujudan nilai-nilai sapta pesona dan manfaatnya bagi pembangunan daerah maupun kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias Utara. Kegiatan ini diikuti 40 org peserta dari berbagai kalangan di lingkup kab. Nias utara,  Para Narasumber yang berjumlah 3 orang yaitu Cahyo Pramono, SE, MBA (Penasehat PHRI Provinsi Sumatra Utara), Yusman Zega, A.Pi., M.Si (Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan SETDA kab.Nias Utara), Bazisokhi Hulu, S.IP., MM ( Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kab.Nias Utara).

Pada kesempatan itu juga, Cahyo Pramono, SE., MBA selaku Penasehat BPD PHRI PROVSU dan juga sebagai Narasumber turut memberikan sambutannya bahwa dalam mengembangkan suatu destinasi pariwisata khususnya di Kab.Nias Utara harus memiliki tujuan serta konsep konsep yang inovatif, kreatif, dan bersifat membangun dalam mengembangkan destinasi pariwisata. Dan juga peran Pemerintah sangat diharapkan dalam membantu terlaksananya program tersebut.

Dalam arahan Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu SE., MM bahwa Program tata kelola destinasi pariwisata telah diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata RI sejak tahun 2010 yang lalu merupakan manajemen destinasi wisata yang meliputi aspek finansial, operasional, marketing,  SDM dan Inovasi. Salah satu konsentrasi tata kelola destinasi pariwisata yaitu: Pelatihan SDM yang mencakup pembentukan citra pariwisata daerah sehingga  SDM diharapkan menjadi aktor utama (Main Actor) yang memberikan pelayanan terbaik di destinasi pariwisata. Kegiatan ini pun bertujuan untuk peningkatan kapasitas SDM pariwisata di kab.Nias Utara baik dari sisi Competence  dan Performance. Istilah Competence  bermakna bahwa SDM pariwisata di kab.Nias Utara harus Kreatif, Inovatif, Profesional dan mampu memahami era globalisasi dan digitalisasi dalam dunia kepariwisataan. Sementara  istilah Performance bermakna bahwa para pelaku usaha pariwisata di kab. Nias Utara harus mampu mengaktualisasikan unsur-unsur Sapta Pesona wisata dengan baik, dan mampu menunjukkan sikap melayani tamu/wisatawan yang berkunjung di objek wisata kab.Nias Utara dengan ramah dan santun. Pada akhir arahannya, Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Wakil Bupati Haogosochi Hulu, SE,. MM membuka secara resmi Kegiatan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata yang disaksikan oleh Sekda Kab.Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD lingkup Nias Utara, Para Narasumber, ASN dan THL serta para peserta pelatihan tata kelola destinasi pariwisata dilingkup Kab.Nias Utara.

 

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Nias Utara, Sekda Kab. Nias Utara, Staf Ahli, Asisten II dan III, Kepala OPD, ASN dan THL serta para peserta pelatihan tata kelola destinasi pariwisata  di lingkup Pemerintahan Kabupaten Nias Utara.