PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) TAHUN 2019

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (siskeudes) Tahun 2019. Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Asisten 1 (Filifo Harefa, SH) mewakili Bupati Nias Utara yang dilaksanakan di JJD Café, Desa Fadoro Fulolo Kec. Lotu yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari (28-29 Mei 2019).

Pada laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Nias Utara yang diwakili oleh Sekretaris menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (siskeudes) Tahun 2019  berdasarkan keputusan Bupati Nias Utara Nomor: 141/61/K/Tahun 2019 Tanggal 19 Maret 2019 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Kegiatan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (siskeudes) Tahun 2019 dan DPA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  Kabupaten Nias Utara Tahun 2019. Penerapan sistem informasi berbasis aplikasi siskeudes dilakukan agar tata kelola dan administrasi keuangan desa yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban lebih tertib, transparan dan akuntabel. Peserta pelatihan terdiri dari supervisor siskeudes dari masing-masing kantor camat (11 orang) dan operator komputer desa dari seluruh desa (112 orang). Adapun yang menjadi Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala DPMD Kabupaten Nias Utara, Kepala Bidang pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat, Kepala Seksi pembinaan administrasi keuangan desa dan Kepala Seksi pembinaan dan pengelolaan potensi desa. Materi pelatihan yakni Kebijakan penggunaan aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes) versi 2.0 dan Pengisian anggaran kas desa berbasis aplikasi siskeudes serta Penatausahaan penerimaan/pengembalian, SPP, SPJ pelaksana kegiatan, penyetoran, mutasi kas dan output Dana desa.

Arahan Bupati Nias Utara yang dibacakan oleh Asisten 1 (Filifo Harefa, SH) menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan penggunaaan aplikasi siskeudes tahun 2019 ini merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangka meningkatkan kapasitas supervisor dan operator komputer desa dalam menerapkan sistem informasi keuangan desa. Implementasi sistem informasi siskeudes pada tahun 2019 ini di Kabupaten Nias Utara merupakan sebuah langkah maju dari tahun sebelumnya yang masih menggunakan sistem manual. Ditetapkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa, merupakan penyempurnaan regulasi dalam menata pengelolaan keuangan desa menjadi lebih baik. Substansi peraturan dimaksud mampu menjawab berbagai kendala dan permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaannya selama ini. Sebagai turunan dari regulasi tersebut telah ditetapkan Peraturan Bupati Nias Utara Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang merupakan penjabaran secara teknis dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Dalam ketentuan pasal 30 ayat (3) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, ditentukan bahwa pengelolaan keuangan desa dapat dilakukan dengan menggunakan sistem informasi yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara.