Pelatihan Pemandu Wisata Budaya Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara melaksanakan pelatihan pemandu wisata budaya Kabupaten Nias Utara Tahun 2019. Pelatihan  ini dilaksanakan mulai hari Kamis sampai Sabtu (27 s/d 29 Juni 2019) yang bertempat di JJD Café dan Restaurant Jl. Gowe Zalawa Desa Fadoro Fulolo Kec. Lotu.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan ini sesuai surat keputusan Bupati Nias Utara Nomor: 430/148/K/Tahun 2019, Tanggal 12 Juni 2019 tentang pembentukan panitia penyelenggara pelatihan pemandu wisata budaya Kabupaten Nias Utara Tahun 2019. Pelatihan ini bertujuan untuk memahami diversifikasi produk dan dasar budaya, mengetahui dan memahami pelayanan prima, memahami kompetensi di bidang masing-masing, mampu mengidentifikasi kompetensinya untuk meningkatkan kinerja di bidang masing-masing, memberikan pemahaman kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang kebudayaan, menumbuhkan sikap pro-aktif dan perilaku positif insan dan tokoh-tokoh budaya. Peserta pelatihan terdiri dari tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh budaya, pemerhati budaya, dan pemilik situs (pemilik benda cagar budaya) yang berjumlah 65 orang.

Sambutan Bupati Nias Utara yang diwakili Asisten II (Yusman Zega, A.Pi.,M.Si) menyampaikan, menurut undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 bahwa cagar budaya merupakan warisan budaya bersifat kebendaan berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya, situs cagar budaya, dan kawasan cagar budaya di darat atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan kebudayaan melalui proses penetapan.

Kabupaten Nias Utara memiliki kekayaan warisan budaya yang tidak ternilai harganya yang tersebar di seluruh wilayah Nias Utara, baik yang berupa benda maupun yang bukan benda. Warisan budaya benda yang memiliki nilai penting perlu dilestarikan dan ditetapkan sebagai cagar budaya. Sebagai salah satu kekayaan budaya, cagar budaya harus dikelola dengan tepat melalui upaya perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatannya dalam rangka memajukan budaya daerah Nias Utara sekaligus untuk memajukan kebudayaan Nasional serta memberikan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

Selanjutnya Asisten II (Yusman Zega, A.Pi.,M.Si) menyampaikan agar pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempersiapkan diri menghadapi Sail Nias 2019 pada bulan September yang dipusatkan di Nias Selatan dan Yaahowu Nias Festival 2019 di Nias Barat. Diharapkan juga agar rancangan persiapan kegiatan tersebut memiliki korelasi dengan Yaahowu Nias Festival 2020 dimana Kabupaten Nias Utara sebagai tuan rumah. Diakhir sambutannya, pelatihan pemandu wisata budaya Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 dibuka secara resmi.