PELATIHAN/BIMTEK DESAIN GAMBAR DAN RAB

Dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan kegiatan pembangunan desa di wilayah Kab. Nias Utara TA. 2019, Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui OPD Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas kepada Kader Teknik dan Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan. Hal ini sejalan dengan tugas pokok dan fungsi Dinas PMD Kab. Nias Utara sebagai pelaksana urusan pemerintah di bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa.
Dalam ketentuan pasal 1 ayat 12 UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dijelaskan bahwa “Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa”.
Atas dasar itu, Dinas PMD telah berinisiatif mendorong dan mengambil langkah-langkah dengan melaksanakan pelatihan/Bimtek desain gambar dan RAB bagi Kader Teknis dan Kepala Seksi Pelayanan dan Kesejahteraan di masing-masing desa di wilayah Kabupaten Nias Utara Tahun 2019. Dasar pelaksanaan pelatihan / bimtek ini sesuai dengan surat Kepala Dinas PMD Kab. Nias Utara Nomor : 414.2/28/DPMD.II/I/2019 tanggal 15 Januari 2019 tentang Pelatihan dan Bimbingan Teknis Pembuatan Desain dan RAB. Pelatihan/bimtek ini dilaksanakan di masing-masing Kecamatan di wilayah Kab. Nias Utara selama 3 (tiga) hari pada tanggal 28 – 30 Januari 2019, kecuali Kec. Lotu dan Kec. Sitolu Ori dilaksanakan tanggal 31 Januari – 02 Februari 2019.
Tujuan pelatihan / bimtek desain gambar dan RAB adalah :
1. Meningkatkan kemampuan Kader teknik Desa dalam pembuatan desain dan RAB.
2. Memberdayakan desa menjadi desa yang mandiri.
3. Meningkatkan kemampuan desa dalam penyusunan rencana kegiatan pembangunan fisik di desa masing-masing.
Pelaksanaan pelatihan / bimtek desain gambar dan RAB ini telah dimonitoring oleh Dinas PMD Kab. Nias Utara dan peserta sangat antusias mengikuti pelatihan/bimtek dimaksud bahkan salah satu kecamatan meminta penambahan waktu yakni Kecamatan Sawo. Anggaran biaya pada pelatihan/bimtek ini dibebankan pada APBDes di masing-masing desa TA. 2019. Adapun narasumber pada pelatihan / bimtek desain gambar dan RAB ini adalah Tenaga Ahli Infrastruktur Desa dan Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Kab. Nias Utara.

Sumber: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nias Utara