PELAKSANAAN UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH BAGI PNS DI LINGKUP KABUPATEN NIAS UTARA T. A. 2019

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Ujian Penyesuaian Ijazah Bagi PNS di Lingkup Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Grand Kartika Kota Gunungsitoli (Selasa, 30 Juli 2019). Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk pengembangan karier Pegawai Negeri Sipil di lingkup Kab. Nias Utara, khususnya yang akan naik pangkat ke golongan yang lebih tinggi.

 

Kepala BKD Nias Utara (Toloni Waruwu, SH,. M.Si)  dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan ujian penyesuaian ijazah bagi pns di lingkup Kabupaten Nias Utara adalah sesuai peraturan Bupati Nias Utara Nomor 7 Tahun 2011 tentang pedoman tugas belajar, izin belajar, izin penggunaan gelar akademik dan kenaikan pangkat penyesuaian ijazah bagi PNS di lingkup Kab. Nias Utara., Keputusan Bupati Nias Utara Nomor 892.4/123/K/Tahun 2019 tentang pembentukan panitia pelaksanaan ujian penyesuaian ijazah bagi pns di lingkup kabupaten nias utara tahun anggaran 2019, dan Dokumen pelaksanaan anggaran BKD tahun anggaran 2019. Toloni Waruwu, SH,. M.Si mengatakan bahwa peserta ujian penyesuaian ijazah bagi pns di lingkup Kabupaten Nias Utara berjumlah 107 0rang yang terdiri dari : 2 (dua) orang penyesuaian ijazah tingkat SMA/SMK., 1 (satu) orang penyesuaian ijazah tingkat D-III., 101 (seratus satu) orang penyesuaian ijazah tingkat S-1., dan 3 (tiga) orang penyesuaian ijazah tingkat S2. Kepala BKD Kab. Nias Utara pun menambahkan bahwa tenaga penguji ujian penyesuaian ijazah bagi pns di lingkup Kabupaten Nias Utara terdiri dari : 2 (dua) orang pegawai BKN Regional VI Medan Provinsi Sumatera Utara (Penyasari SH., M.AP), (Eni Nuraini, SH)  dan BKD Kabupaten NIas Utara.

 

Dalam arahan Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu SE,. MM mengatakan bahwa kenaikan pangkat bagi PNS merupakan salah satu  cara untuk meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian PNS bagi negara, dimana kenaikan pangkat bukanlah hak namun penghargaan yang diberikan oleh pejabat yang berwenang karena prestasi kerja yang diperolehnya sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang berlaku. Karena kenaikan pangkat merupakan penghargaan maka seyogianya diberikan secara adil dengan mekanisme yang berdasarkan asas kompetensi. Kompetensi yang dimaksud berupa kompetensi teknis (tingkat pendidikan, diklat teknis dan pengalaman)., kompetensi manajerial (tingkat pendidikan, diklat struktural dan pengalaman)., dan kompetensi sosiokultural yang berkaitan dengan kemampuan pegawai dalam memahami kondisi masyarakat yang dilayani. Agar kompetensi dapat terpenuhi maka BKD yang memiliki kewenangan dalam upaya pengembangan kompetensi pegawai menyelenggarakan ujian penyesuaian ijazah terhadap pegawai ASN berbasis kompetensi yang dilakukan secara terprogram, sistemasis dan baku melalui unit training of competence (UTC BKD) dan diklat teknis fungsional lainnya.

 

Pada akhir arahannya, Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu SE,. MM membuka secara resmi kegiatan pelaksanaan ujian penyesuaian ijazah bagi PNS  di lingkup Kabupaten Nias Utara yang disaksikan oleh staff ahli, Kepala OPD, Tim Penguji, ASN dan THL serta para peserta ujian penyesuaian ijazah bagi pns di lingkup Kabupaten Nias Utara.