Pelaksanaan Ujian Dinas TK. I & TK. II Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Pemerintah Kab. Nias Utara melaksanakan ujian dinas TK. I & TK. II tahun 2019 bagi PNS di lingkup Kab. Nias Utara yang difasilitasi Oleh Badan Kepegawaian Daerah Kab. Nias Utara dan dibuka secara resmi oleh Kepala BKD Kab. Nias Utara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di JJD Café dan Resto (Rabu, 27 November 2019).

Dalam laporan panitia (Septinus Gea) bahwa tujuan pelaksanaan ujian tersebut adalah untuk pengembangan karier PNS di lingkup pemerintah Kab. Nias Utara khususnya yang akan naik pangkat kedalam golongan yang lebih tinggi karena harus diiringi dengan meningkatnya kompetensi pegawai dan dibuktikan dengan bertambahnya pengetahuan, ketrampilan, sikap dan perilaku. Peserta ujian dinas TK. I & TK. II tahun 2019 bagi PNS di lingkup Kab. Nias Utara berjumlah 18 orang yang terdiri dari 7 orang peserta ujian dinas TK. I dan 11 orang peserta ujian dinas TK. II. Tim penguji ujian dinas TK. I dan TK. II terdiri dari BKN Regional VI Medan Provinsi Sumatera Utara dan BKD Kab. Nias Utara.

Toloni Waruwu, SH., M.Si (Kepala BKD Kab. Nias Utara)

Dalam arahan Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Kepala BKD Nias Utara (Toloni Waruwu, SH., M.Si) menyampaikan bahwa pemerintah Kab. Nias Utara terus bersemangat untuk melaksanakan pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan di sektor pendidikan yang bertujuan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta kepribadian yang berdaya saing, beriman dan berbudaya. Dalam pengembangan karier seorang PNS ada beberapa kompetensi yang diperhatikan yaitu Kompetensi Teknis (Pendidikan,Diklat Teknis dan Pengalaman), Kompetensi Manajerial (Tingkat Pendidikan,Diklat Struktural dan pengalaman), dan Kompetensi Sosiokultural yang berkaitan dengan kemampuan pegawai dalam memahami kondisi masyarakat yang dilayani. Dengan kompetensi tersebut BKD Kab. Nias Utara memiliki kewenangan dalam pengembangan kompetensi Pegawai Negeri Sipil yang dilakukan secara terpogram, sistematis dan baku melalui Unit Training of Competence (UTC) dan diklat fungsional lainnya serta diuji dengan berbagai materi sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Peserta Ujian

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ASN dan peserta ujian lingkup Kab. Nias Utara, Tim penguji BKN Regional VI Medan Provinsi Sumatera Utara.