PELAKSANAAN SOSIALISASI SIPD KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2019

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Utara melaksanakan sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 98 Tahun 2018  tentang Sosialisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), di Ruang Pertemuan Bappeda Kabupaten Nias Utara, Kamis (21/02/2019).

Tujuan Sosialisasi guna meningkatkan pemahaman mengenai peran strategis SIPD dalam perencanaan pembangunan daerah dan metode pemetaan, teknis pengumpulan dan penginputan data dan informasi pada Sistem Informasi Pembangunan  Daerah (SIPD).

Bupati Nias Utara yang diwakili Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Nias Utara,  Yusman Zega, A.Pi, M.Si  dalam arahannya menyampaikan   Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) berfungsi sebagai sebuah jejaring dalam pengumpulan data secara terpadu, real time dan online di pusat dan daerah dengan menggunakan teknologi informasi sebagai dukungan dalam perencanaan program dan kegiatan serta evaluasi pembangunan daerah secara rasional, efektif dan efisien.

Selain daripada itu Sistem Informasi Pembangunan Daerah  (SIPD) berfungsi sebagai media akuntanbilitas publik yang memungkinkan masyarakat mengevaluasi kinerja pemerintah, mengevaluasi program-program pembangunan dan sekaligus mengevaluasi capaian-capaian pembangunan.

Yusman Zega, A.Pi, M.Si juga berharap agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah tidak mengabaikan proses dan materi sosialisasi, dan Data-SIPD yang belum lengkap untuk segera dilengkapi.

Pemateri Dari Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Pahala Panjaitan ST., MT. (Kasubbid Monitoring & Informasi Perencanaan Pembangunan)   dan Fandy Sirait, SH (Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan)