PELAKSANAAN PESPARAWI KE – III KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2019

Kabupaten Nias Utara melaksanakan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Ke – III Tahun 2019 dan dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Utara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gowe Zalawa Kantor Bupati Nias Utara (Kamis, 28 November 2019).

Ya’adil Telaumbanua, SKM

Dalam laporan Ketua Panitia yang diwakili Ketua I (Ya’adil Telaumbanua, SKM) menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Ke – III Tahun 2019 adalah untuk mengeratkan hubungan dalam beragama, meningkatkan bakat generasi muda di bidang musik gerejawi, membangun mental spiritual para generasi muda sehingga tercipta seorang insan yang beriman, cinta tanah air, memegang teguh UUD 1945 dan Pancasila, menciptakan generasi muda yang berinovasi dan mampu bersaing dan kreatif. Event ini sekaligus sebagai momen dalam menyiapkan peserta yang mewakili Nias Utara untuk berkompetisi di tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2020. Peserta yang mengikuti perlombaan Pesparawi Kabupaten Nias Utara tahun 2019 terdiri dari 4 (empat) Kecamatan dan 2 (dua) Jemaat Gereja dalam wilayah Kabupaten Nias Utara. 4 (Empat) peserta dari Kecamatan antara lain Kecamatan Tuhemberua, Kecamatan Lahewa, Kecamatan Sawo dan Kecamatan Namohalu Esiwa. Peserta dari Jemaat antara lain Jemaat BNKP Fulolo Salo’o dan Jemaat BNKP Tugala Manu. Pada Pesparawi ke-III Kab. Nias Utara tahun 2019, ada 3 (tiga) kategori lomba yaitu paduan suara dewasa campuran yang diikuti oleh 6 (enam) peserta, paduan suara pria 2 (dua) peserta, dan musik rohani berkarakter budaya lokal/lagu daerah/musik etnik 1 (satu) peserta.

Yusman Zega, A.Pi, M.Si

Pada kesempatan yang sama mewakili Ketua Umum Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kab. Nias Utara Ketua I (Yusman Zega, A.Pi, M.Si) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pesparawi merupakan pelayanan memuliakan Tuhan melalui paduan suara yang bernafaskan keagamaan Kristen dan sebagai perwujudan nilai-nilai keagamaan dan toleransi antar gereja (umat Kristiani) serta kerukunan antar umat beragama. Keindahan dalam bernyanyi bukan karena menyanyikan lagu yang sama melainkan tercipta dari keberagaman dalam bernyayi, sehingga keindahan menjadi sempurna ketika keberagaman dapat bersatu.

M. Ingati Nazara (Bupati Nias Utara)

Bupati Nias Utara (M. Ingati Nazara) pada arahannya menyampaikan bahwa pemerintah Kab. Nias Utara selalu proaktif dalam setiap kegiatan keagamaan termasuk pelaksanaan Pesparawi ke-III Kab. Nias Utara tahun 2019. Dengan pelaksanaan kegiatan Pesparawi, Nias Utara bertekad bersaing dengan daerah-daerah maju dengan melaksanakan kegiatan keagamaan dan mengikuti event-event yang lebih besar di luar daerah sehingga mampu mengejar ketertinggalan dalam mendukung program kegiatan nasional, mengupayakan diri untuk mengisi ilmu pengetahuan dibidang kerohanian, mandiri dalam berbuat serta menggali potensi yang ada di Nias Utara. Kegiatan keagamaan merupakan pembinaan iman, maka tanpa adanya iman yang kokoh, takwah yang mendalam, mental yang baik, maka pembangunan fisik tidak akan terlaksana dengan baik. M. Ingati Nazara berharap peserta perlombaan dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan bukan hanya sekedar berlomba akan tetapi mendapat manfaat dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan kegiatan ini sebagai momentum positif dalam beramal antar umat beragama.

Pada pelaksanaan Pesparawi ke-III Nias Utara Tahun 2019, sebagai juara 1 kategori Paduan Suara Dewasa Campuran adalah dari Kec. Tuhemberua, juara 2 dari Kecamatan Lahewa dan juara 3 dari jemaat BNKP Tugala Manu. Kategori Paduan Suara Pria juara 1 Kec.Tuhemberua dan juara 2 dari Kec. Sawo, juara 3 tidak ada. Kategori musik Etnis juara 1 Kec. Tuhemberu 2 dan 3 tidak ada.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Ketua TP. PKK Kab. Nias Utara, Kabag, OPD, DPRD Kab. Nias Utara, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, ASN dan seluruh peserta lomba Pesparawi lingkup Kab. Nias Utara.