Pelaksanaan Kegiatan Monitoring PAAR Dengan Cinta Kasih Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara melaksanakan kegiatan monitoring PAAR dengan Cinta Kasih dalam rangka HKG/BBGRM Kabupaten Nias Utara tahun 2019 yang difasilitasi oleh Desa Mazingo berlokasi di Desa Mazingo Kecamatan Alasa Talumuzoi Kabupaten Nias Utara (Kamis, 01 Agustus 2019). Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan penilaian PAAR di Desa Mazingo Kecamatan Alasa Talumuzoi Kab. Nias Utara.

Ketua T.P. PKK Kab. Nias Utara (Ny. Dermawani M. Ingati Nazara) dalam sambutannya menyampaikan bahwa, dalam rangka HKG/BBGRM dan PKK KKBPK Kes,  ada beberapa kategori yang dilombakan di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan yakni PAAR, Hatinya PKK, dan Posyandu. Lomba ini diikuti oleh 9 Kecamatan dari 11 Kecamatan di Kabupaten Nias Utara yang artinya adanya peningkatan keikutsertaan TP PKK Kecamatan untuk berpatisipasi dibandingkan tahun sebelumnya. Kegiatan ini juga sekalian memperkenalkan 10 program pokok PKK agar program ini dekat dihati masyarakat karena memberikan dampak yang baik bagi keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat., juga agar semua desa mendapat giliran dalam pembenahan administrasi dan kegiatan PKK sehingga setiap desa mampu memberdayakan desa sesuai dengan sumber daya yang ada di wilayah masing-masing. Ny. Dermawani M. Ingati Nazara menambahkan bahwa dari hasil evaluasi  tim, maka muncul 3 desa yang dijadikan sebagai desa binaan  TP PKK Kab. Nias Utara tahun 2019 yakni : Desa Mazingo Kec. Alasa Talumuzoi sebagai kategori PAAR Cinta Kasih, Desa Sifahandro Kec. Sawo sebagai kategori hatinya PKK, dan Desa Ombolata Kec. Lahewa sebagai kategori Posyandu. Ketiga desa tersebut dibina langsung oleh TP PKK Kab. Nias Utara bekerjasama dengan TP PKK Kecamatan beserta dengan OPD terkait antara lain : Dinas P2AP2KB, dan Dinas Dukcapil Kab. Nias Utara. Bahkan OPD yang lain pun diberi kesempatan untuk memberi pelayanan sesuai dengan program yang dilaksanakan.

 

Dalam Arahan Bupati Nias Utara yang diwakili Staff Ahli Bid. Pemerintahan (Foarota Gea, SH) menyampaikan bahwa PKK sangat berperan  penting dalam pembentukan karakter anak bangsa dimana PKK adalah gerakan yang tumbuh dan muncul dari bawah dengan wanita, khususnya para ibu sebagai penggeraknya. Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera,  yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian , dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin. Visi PKK sendiri yaitu terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. Salah satu hal yang dilakukan untuk mewujudkan visi gerakan PKK itu adalah dengan PAAR pola asuh anak dan remaja dengan cinta kasih. Pola asuh yang benar akan menghasilkan generasi yang cerdas dan berguna serta generasi kuat yang akan menjadi ketahanan keluarga, masyarakat, dan negara. Stop kekerasan terhadap anak, kejahatan seksual, dan menjauhkan dari pergaulan bebas dan narkoba. Foarota Gea, SH pun mengharapkan agar dengan pelaksanaan monitoring ini, dapat memicu semangat para kader PKK untuk berbuat yang terbaik sehingga mendapat yang terbaik.

 

Dalam sambutan Ketua TP PKK Provsu yang diwakili oleh Sekretaris TP PKK Provsu (Reza) mengatakan bahwa pelaksanaan monitoring PKK tahun 2019 dilaksanakan atas dasar sistem rentang kendali dalam bentuk pembinaan yang berkesinambungan dan mengacu kepada program kerja tim penggerak PKK Provsu tahun 2019 dilatar belakangi RAKERNAS VIII PKK Tahun 2015. Sebelum pelaksanaan monitoring ini seluruh TP PKK Provsu telah melaksanakan Supervisi di 33 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara. Kegiatan monitoring ini merupakan suatu rangkaian kegiatan keterpaduan dalam membangkitkan semangat melalui koordinasi dan keterpaduan lintas sektoral terkait dengan mitra sejajar PKK dalam mengisi pembangunan di segala bidang.  Reza pun menambahkan bahwa di bulan Agustus tahun 2019, TP PKK Provsu akan mengadakan Jambore Kader PKK tingkat Provinsi, Jambore Kader PKK Tingkat Nasional diadakan di bulan September 2019, Kegiatan Bulan Balita dan Bina Generasi Muda dan Remaja direncanakan akan diadakan di bulan Oktober 2019, harapannya kepada seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan mempersiapkan kader-kader untuk bertanding sesuai dengan kategori lomba yang nanti akan di tetapkan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Staff Ahli, OPD, Perwakilan TP PKK Provsu, anggota TP PKK kab. Nias Utara, Camat Alasa Talumuzoi, Kades, Tokoh Adat, Tokoh Agama, ASN dan Masyarakat Desa Mazingo.