PELAKSANAAN BIMTEK APLIKASI ADMIN PPID KABUPATEN NIAS UTARA

Dinas Komunikasi dan Informatika kab. Nias Utara melaksanakan Bimtek Aplikasi kepada Admin PPID lingkup pemerintahan Kab. Nias Utara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Kab. Nias Utara yang diwakili oleh Asisten II (Yusman Zega, A.Pi., M.Si). Kegiatan tersebut  berlokasi di Aula Kantor Bupati Kab. Nias Utara (Selasa, 5 November 2019).

Aferianus Telaumbanua, SE,. MM (Kadis Kominfo Kab. Nias Utara)

Dalam laporan ketua panitia (Aferianus Telaumbanua, SE,. MM) yang juga selaku kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Nias Utara menyampaikan bahwa Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan  Informasi dan Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika dan Keputusan Bupati Nias Utara  Nomor  : 555/92/K/Tahun 2019, tanggal 28  September 2018 tentang pembentukan pengelola layanan informasi dan dokumentasi (PLID) dan penunjukan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi di lingkup kab. Nias Utara. Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu Untuk menjalin kerjasama, koordinasi antar petugas PPID serta ajang bertukar informasi dalam penyediaan dan pelayanan informasi publik, agar tercapainya kinerja PPID yang optimal di lingkup Pemkab Kabupaten Nias Utara, serta agar PPID Utama dan PPID Pembantu memahami tugas pokok dan fungsinya dan dapat melaksanakan tupoksinya dengan baik.

Yusman Zega, A.Pi., M.Si (Asisten II)

Asisten II (Yusman Zega, A.Pi., M.Si) mewakili Bupati Kab. Nias Utara dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk melaksanakan pelayanan informasi dan dokumentasi ada 6 (enam) azas yang menjadi pedoman yaitu : transparansi, Akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban. Dalam pelaksanaannya, PPID diwajibkan untuk mengklasifikasikan dan mengelompokkan informasi-informasi tersebut serta pejabat pengelola informasi dan dokumentasi diwajibkan untuk menyimpan, mengolah dan menyajikan informasi baik itu informasi yang bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang diumumkan secara serta merta, maupun informasi yang wajib tersedia setiap saat. Pada dasarnya semua informasi tentang penyelenggaraan pemerintah adalah bersifat terbuka, masyarakat dapat mengetahui seluas-luasnya informasi yang berkenan dengan jalannya pemerintahan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten, ASN dan seluruh admin PPID dari masing-masing OPD serta Kecamatan se-Kab. Nias Utara.