MUSRENBANG KECAMATAN ALASA

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Alasa dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Yafeti Nazara, S.Kep.,NSpM, mewakili Bupati Nias Utara yang dilangsungkan di Aula Kantor Camat Alasa (Senin, 8 Februari 2021).

Melalui arahan Bupati Nias Utara yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang Kecamatan bertujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022. Melalui kegiatan Musrenbang dapat dilakukan upaya perencanaan pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel sehinga mampu memformulasikan apa yang menjadi program prioritas, sasaran dan target yang akan dicapai di tahun 2022 untuk kepentingan masyarakat dan sesuai harapan kita bersama. Pada setiap tahapan untuk memilih prioritas kegiatan fisik, baik kecamatan maupun desa tetap mengacu pada penyelesaian permasalahan pembangunan yang menjadi isu strategis tetapi fokus terhadap usulan yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat secara signifikan.

Ada pun tema pembangunan daerah tahun 2022 yaitu “Peningkatan Infrastruktur, Kualitas SDM dan Pemulihan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dengan prioritas untuk pemenuhan infrastruktur dasar yang berkualitas, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, pemulihan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkeadilan serta peningkatan akuntabilitas kinerja pemerintah dan inovasi pelayanan publik.

Pada akhir arahan  Bupati Nias Utara yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, menghimbau kepada Camat dan para Kepala Desa untuk tidak mengabaikan seluruh proses maupun tahapan perencanaan pembangunan daerah, baik yang bersifat pertemuan dan terlebih dalam penyusunan dokumen perencanaan yang berkualitas serta disampaikan tepat waktu. Dalam rangka akuntabilitas proses perencanaan, maka data usulan Musrenbang Kecamatan diproses dengan menggunakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kabupaten Nias Utara yang terintegrasi Pemerintah Pusat dan Provinsi yang dikelola Bappeda Kabupaten Nias Utara.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Alasa dihadiri oleh Anggota DPRD Dapil III Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Forkopimca, Kepala Desa, BPD, Fasilitator dan pendamping desa serta Tokoh se-Kecamatan Alasa.

Musrenbang Tingkat Kecamatan akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut di setiap Kecamatan se-Kabupaten Nias Utara. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 8 Februari 2021 dan berakhir tanggal 18 Februari 2021. 3 (tiga) Kecamatan yang serentak melaksanakan Musrenbang pada hari Senin tanggal 8 Februari 2021 dan berakhir Selasa tanggal 9 Februari 2021 masing-masing Kecamatan Afulu, Kecamatan Sawo dan Kecamatan Alasa. 8 (delapan) Kecamatan lainnya akan melaksanakannya mulai dari tanggal 10 s.d 18 Februari Tahun 2021.