MONITORING TP PKK DAN DINAS TERKAIT PROVINSI SUMATERA UTARA DI DESA BINAAN KATEGORI HATINYA PKK KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2019

TP PKK Kabupaten Nias Utara dan Dinas terkait Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Monitoring Desa Binaan Kategori Hatinya PKK di Desa Sifahando Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara (Kamis, 01 Agustus 2019. Kegiatan tersebut diawali dengan Pengalungan bunga kepada Tim Monitoring TP PKK Kabupaten Nias Utara dan Dinas terkait Provinsi Sumatera Utara, Pertunjukan Lompat Batu dan Tari sekapur sirih dari SMA N 1 Sawo dalam menyambut Tim Monitoring oleh masyarakat Desa Sifahando Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara.

Kepala Desa Sifahando (Budiman Alim Gea) dalam sambutannya mengucapkan Selamat datang kepada Tim Monitoring TP PKK dan Dinas Terkait Provinsi Sumatera Utara dan mengharapkan supaya kegiatan tersebut tidak berhenti sampai disitu saja, tetapi dapat bersambung pada bulan-bulan mendatang.

Selanjutnya, Camat Sawo (Fotani Zai, S.Pd.,MM) dalam sambutannya juga menyampaikan Terimakasih kepada TP PKK Kabupaten Nias Utara yang telah menghunjuk Desa Sifahando menjadi Juara tingkat Kabupaten Kategori Hatinya PKK dan juga mengharapkan semoga kegiatan tersebut dapat menjadi berkah dan dapat membawa perubahan untuk Kecamatan Sawo Khususnya Desa Sifahando yang selama ini disebut sebagai daerah 3T.

 

Seterusnya, Dalam Sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara yang disampaikan Ketua Pokja III (Ny. Marniati Fonaha Zega) menyampaikan bahwa dalam rangka HKG BBGRM dan PKK KKBPK KES tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan, TP PKK Kabupaten Nias Utara ikut turut ambil bagian dalam pelaksanaanya. Ada 3 (tiga) jenis kategori lomba  yang dilaksanakan TP PKK Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 yakni, Kategori PAAR Desa Mazingo Kecamatan Alasa Talu Muzoi, Kategori Hatinya PKK Desa Sifahando Kecamatan Sawo dan Kategori Posyandu Desa Ombolata Kecamatan Lahewa dimana dari Hasil Evaluasi, Desa tersebut yang merupakan Desa Binaan TP PKK Kabupaten Nias Utara. Ketua Pokja III juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan 10 Program pokok PKK yang dapat memberikan dampak yang baik kepada masyarakat dan keluarga, dan agar semua Desa mendapat giliran dalam pembenahan administrasi dan kegiatan PKK serta mampu memberdayakan Desa sesuai sumber dana yang ada diwilayahnya masing-masing.

Pada akhir sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara yang disampaikan Ketua Pokja III mengucapkan Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Kepala OPD terkait yang telah memberikan dukungan penuh pada kegiatan tersebut serta menghimbau kepada Orangtua, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Tokoh agama Lembaga Desa dan Aparat Desa untuk mendukung kegiatan tersebut agar lebih baik lagi dan dibina secara berkesinambungan.

Tim Monitoring Provinsi Sumatera Utara (Jonny Siagian,SH) dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Monitoring PKK Tahun 2019 dilaksanakan atas dasar sisip rentang kendali dalam bentuk pembinaan yang berkesinambungan dan masuk pada program kerja TP PKK Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 yang dilatar belakangi Rakernas ke XIII Tahun 2015 dan sebelum pelaksanaan Monitoring ini TP PKK Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan Supervisi di 33 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara. Tim Monitoring Provinsi Sumatera Utara juga menyampaikan bahwa kegiatan monitoring tersebut merupakan suatu rangkaian kegiatan keterpaduan dalam membangkitkan semangat melalui koordinasi dan keterpaduan lintas sektoral terkait dengan mitra sejajar PKK dalam mengisi pembangunan disegala bidang. Pada Tahap Monitoring tersebut, Tim akan menilai secara langsung tingkat perkembangan di Desa yang menjadi binaan TP PKK Kabupaten masing-masing dan mengharapkan kepada seluruh kader dapat menunjukan persiapan dan kemampuan dalam mengharumkan nama Kabupaten masing-masing.

Bupati Nias Utara yang diwakili Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum (Ya’adil Telaumbanua, SKM) dalam Arahannya menyampaikan bahwa PKK sangat berperan dalam pemberdayaan ekonomi karena Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin. PKK dengan 10 Program Pokoknya, merupakan kekuatan yang strategis, sehingga apabila 10 Program pokok tersebut sudah membudaya, maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh. Diharapkan pada pelaksanaan Monitoring yang dilakukan dapat memicu semangat para kader PKK untuk berbuat yang terbaik sehingga mendapat keberhasilan yang dapat dimanfaatkan .dan dapat dibanggakan serta kegiatan tersebut terus dikembangkan oleh Desa dan dibina terus oleh OPD dan lembaga terkait lainnya.

Pada akhir Kegiatan tersebut Tim Monitoring Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Nias Utara turun langsung kelapangan untuk menilai Desa Sifahando Kecamatan Sawo sebagai Kategori Hatinya PKK.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim Monitoring dari Provinsi Sumatera Utara, TP PKK Kabupaten Nias Utara, Unsur Muspika Kecamatan Sawo, Ketua TP PKK Kecamatan Sawo, Kepala Desa lingkup Kecamatan Sawo, LSM, Dewan Pers dan Kader-kader TP PKK Desa Sifahando serta sejumlah masyarakat Desa Sifahando Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara.