MONITORING POSYANDU POS PELAYANAN TERPADU DALAM RANGKA PKK KKBPK KES KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2019

Menindaklanjut Telex dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara Nomor 108/SKR/PKK PROV/VII/2019 Tanggal 11 Juli 2019 tentang Pelaksanaan Monitoring Desa/Kelurahan Pelaksanaan Tertib ADM PKK, PAAR Cinta Kasih, UP2K, Hatinya PKK, IVA Test, Kesrak PKK-KB-KES, POSYANDU, PHBS, LBS dan PTP2WKSS Tahun 2019 maka TP PKK Kabupaten Nias Utara melaksanakan Monitoring bersama TP PKK Provinsi Sumatera Utara. Monitoring ini dilaksanakan di Desa Ombolata Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara (Jumat 2 Agustus 2019)

Pada sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara yang diwakili oleh Wakil Sekretaris II (Sitimani Gulo) menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HKG BBGRM dan PKK KKBPK KES. TP PKK Kabupaten Nias Utara turut ambil bagian dalam pelaksanaannya dengan jenis kategori lomba yang dilaksanakan yaitu PAAR, Hatinya PKK, dan POSYANDU. Lomba diikuti oleh 9 Kecamatan dari 11 Kecamatan di Kabupaten Nias Utara sehingga ada peningkatan keikut sertaan TP PKK Kecamatan untuk mengikuti kegiatan dari tahun sebelumnya. Dari hasil evaluasi Tim yang telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2019 maka muncul 3 Desa yang dijadikan sebagai Desa Binaan TP PKK Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 yaitu Desa Mazingo Kecamatan Alasa Talu Muzoi dengan Kategori PAAR Cinta Kasih, Desa Sifahandro Kecamatan Sawo dengan Kategori Hatinya PKK dan Desa Ombolata Kecamatan Lahewa. Ketiga Desa yang dimaksud dibina langsung oleh TP PKK Kabupaten Nias Utara bekerjasama dengan OPD terkait antara lain Dinas P2AP2KB, Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Dinas Lingkungan Hidup. Mengakhiri sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Nias Utara atau yang diwakili menyampaikan agar Tim monitoring dari Provinsi Sumatera Utara untuk bisa membenahi Desa Ombolata dan memberi peluang untuk bisa masuk dalam daftar Desa yang dievaluasi pada bulan November 2019.

 

Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE.,MM). dalam arahannya menyampaikan kesehatan merupakan hak asasi sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 H ayat 1 dan UU Nomor 36 Tahun 2009 dan sekaligus sebagai investasi sehingga perlu diupayakan, diperjuangkan dan ditingkatkan oleh setiap individu serta seluruh komponen bangsa agar masyarakat dapat menikmati hidup sehat dan akhirnya mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Posyandu merupakan salah satu bentuk untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik, meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga. Pelaksanaan posyandu bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya. Dengan adanya peran masyarakat, keluarga, kader, dan Dinas Kesehatan serta lembaga lainnya tujuan posyandu dapat terwujud yang terarah pada kesehatan yang optimal terlebih dengan adanya gerakan pencegahan stunting sehingga generasi (anak-anak) bisa jauh dari kemuduran mental. Wakil Bupati Nias Utara juga menyampaikan terimakasih kepada Tim monitoring dari Provinsi Sumatera Utara atas kehadiran pada monitoring Desa Ombolata. Diakhir arahannya, Wakil Bupati Nias Utara menghimbau agar seluruh masyarakat yang hadir dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan penuh semangat hingga selesai.

 

Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri oleh Staf Ahli, Kepala OPD, TP PKK Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Nias Utara, Camat Lahewa dan TP PKK Kecamatan Lahewa, Kepala Desa, Aparat Desa, TP PKK, Tokoh dan Masyarakat Desa Ombolata.