MEMPERINGATI HARI KARTINI KE-141, TP. PKK / DWP KABUPATEN NIAS UTARA BAGIKAN PELINDUNG WAJAH (FACE SHIELD) BUATAN SENDIRI KEPADA PARA PETUGAS MEDIS DAN PENYEMPROT CAIRAN DESINFEKTAN

Memperingati Hari Kartini ke-141 yang jatuh pada hari Selasa tanggal 21 April 2020, TP. PKK / DWP Kabupaten Nias Utara bagikan pelindung wajah (face shield) buatan sendiri kepada para petugas medis dan penyemprot cairan desinfektan yang bertugas di posko perbatasan, Puskesmas, Bandara Binaka dan Pelabuhan Laut Gunungsitoli. Pembagian pelindung wajah telah dimulai sejak hari Jumat tanggal 17 April 2020 sampai hari ini (Selasa, 21 April 2020).

Langkanya Alat Pelindung Diri (APD) di pasaran sejak pandemi virus corona (Covid-19) mendorong TP. PKK / DWP Kabupaten Nias Utara untuk ambil bagian mencari solusi dengan berkreasi membuat sendiri alat yang khusus melindungi wajah (face shield). Alat pelindung wajah yang terbuat dari bahan plastik mika, busa, dobeltip dan tali karet elastis tersebut dibagikan kepada para petugas medis dan penyemprot cairan desinfektan dengan tujuan agar terlindung dari droplet dan percikan cairan desinfektan saat melakukan penyemprotan kendaraan yang melewati perbatasan.

Saat ini ada sekitar 200 buah pelindung wajah yang telah selesai dibuat sendiri oleh TP. PKK/DWP Kabupaten Nias Utara. Sebagian besarnya telah dibagikan kepada para petugas di posko perbatasan yang berada di Awa’ai, Alasa Talumuzoi dan Tugala Oyo, Bandara Binaka. Pelabuhan Gunungsitoli serta petugas medis di Puskesmas Alasa dan Puskesmas Tugala Oyo Kabupaten Nias Utara. Selain membagikan pelindung wajah, TP. PKK / DWP Kabupaten Nias Utara juga membagikan masker kepada para petugas. Masyarakat yang lewat di depan posko perbatasan serta yang tinggal disekitar posko perbatasan juga turut dibagikan masker. Kegiatan pembagian pelindung wajah ini akan terus dilakukan sampai beberapa hari kedepan.