KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (RKPD) KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2021

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Utara Tahun 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gowe Zalawa Kantor Bupati Nias Utara yang difasilitasi oleh Bappeda Kabupaten Nias Utara (Selasa, 28 Januari 2020).

Sekretaris Bappeda Kabupaten Nias Utara (Wealman Zendrato, S.Sos.,MM)

Pada laporannya Sekretaris Bappeda Kabupaten Nias Utara (Wealman Zendrato, S.Sos.,MM) meyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk menampung saran dan masukan dari seluruh pihak yang berkepentingan baik masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan dan lembaga pemerintah lingkup Kabupaten Nias Utara dalam merumuskan rancangan program prioritas pembangunan daerah tahun 2021.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (Fatizaro Hulu, SE.,MM)

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (Fatizaro Hulu, SE.,MM) pada sambutannya menyampaikan bahwa lembaga DPRD sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut dan kiranya dapat memberikan masukan yang baik dalam menata serta merancang pembangunan di Kabupaten Nias Utara pada tahun 2021 dengan merata, berkeadilan dan baik sehingga apa yang dihasilkan benar-benar bermanfat. Selanjutnya, dalam membuat RKPD diupayakan agar bisa menampung semua kepentingan masyarakat bukan kepentingan OPD.

Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE.,MM)

Wakil Bupati Nias Utara (Haogosochi Hulu, SE.,MM) yang hadir dan membuka pelaksanaan kegiatan Konsultasi Publik tersebut dalam arahannya menyampaikan bahwa penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 mempedomani Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD)Tahun 2005-2025, Rencana Pembagunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Utara Tahun 2016-2021 sebagai acuan pelaksanaan visi misi Pemerintah Daerah yang memuat rancangan  kerangka  ekonomi  Daerah,  prioritas pembangunan  Daerah tahun 2021,  serta  rencana  kerja  dan  pendanaan. Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Utara Tahun 2021 juga harus mengevaluasi berbagai program kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan sebelumnya apakah target atau sasaran yang telah ditetapkan telah tercapai atau belum. Apabila belum tercapai maka perlu tindaklanjut, khususnua pada Tahun 2021 yang akan datang.  Wakil Bupati Nias Utara dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kualitas dan lebih produktifnya RKPD Kabupaten Nias Utara Tahun 2021 hendaknya memperhatikan sasaran dan prioritas pembangunan, program dan kegiatan harus menyentuh kepentingan masyarakat, peningkatan SDM yang unggul berbagai sektor, pemantapan pembangunan infrastruktur dasar serta pelayanan dasar terpenuhi.

Sebelum mengakhiri arahannya, Wakil Bupati Nias Utara menghimbau seluruh OPD dan Camat untuk tidak mengabaikan seluruh proses atau tahapan perencanaan pembangunan daerah, baik yang bersifat pertemuan/forum dan terlebih dalam penyusunan dokumen perencanaan yang berkualitas dan disampaikan tepat waktu sehingga tidak menggangu tahapan dan siklus perencanaan. Wakil Bupati Nias Utara mengharapakan seluruh ASN dimasing-masing OPD terus diberdayakan untuk memenuhi tugas dan fungsinya dalam proses perencanaan serta dalam rangka akuntabilitas proses perencanaan. Data usulan musrenbang Kecamatan, rancangan Renja OPD dan rancangan RKPD diproses dengan menggunakan e-Planning atau Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kabupaten Nias Utara yang terintergrasi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara, Kabag, Camat, Lurah, Kepala Desa se- Kabupaten Nias Utara dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara.