KEGIATAN GERAKAN ORANGTUA HEBAT KABUPATEN NIAS UTARA TAHUN 2019

Dinas P2AP2KB Kabupaten Nias Utara melaksanakan Kegitan Gerakan Orangtua Hebat Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 yang dilaksankan di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Nias Utara (Jumat, 10 Mei 2019). Maksud Kegiatan tersebut untuk membantu para orangtua dalam mengasuh dan mempersiapkan anak-anak menuju karpet merah keberhasilan. Dalam Kegiatan tersebut yang menjadi Narasumber yaitu : Ny.Dermawani M. Ingati Nazara (Ketua T.P. PKK Kab. Nias Utara), Mareli Harefa, SKM (Kepala Dinas P2AP2KB Kab. Nias Utara), Minatalina Nazara, A.MK.,SKM (Sekdis P2AP2KB Kab. Nias Utara) dan Masih Riang Zega (Kepala Seksi Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Bidang Ekonomi Kab. Nias Utara).

Ketua Panitia Kegiatan Orangtua Hebat (Ressi Theressya, S.S), dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk dijadikan bekal pengetahuan dalam melaksankan tugas selaku orangtua terutama sebagai pendidik utama dalam keluarga dan bagi Kader PKK terwujudnya keluarga yang beriman dan berguna kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. Ketua Panitia juga menyampaikan bahwa peserta dalam kegiatan tersebut terdiri dari : Ketua T.P PKK Kabupaten Nias Utara dan Anggota berjumlah 5 orang, Ketua T.P PKK Kecamatan berjumlah 11 orang, Ketua Pokja II T.P. PKK Kecamtan berjumlah 11 orang, Peserta BKB dari beberapa Desa berjumlah 64 orang (terdiri dari 14 Kelompok BKB) dan Staf Dinas P2AP2KB Kab. Nias Utara berjumlah 9 orang.

Kepala Dinas P2AP2KB Kab. Nias Utara (Mareli Harefa, SKM) dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa untuk menjadi orang tua hebat dalam mengasuh anak tidak harus berpendidikan tinggi, orang yang berpendidikan rendah, bahkan yang belum sekolah pun memiliki peluang yang sama untuk menjadi orangtua hebat, tergantung pada niat dan bagaimana mereka mampu dan memanfaatkan waktu dan kesempatan sebaik mungkin, sehingga ayah dan ibu sebagai orangtua dapat bersama-sama mengasuh dan mendidik anak secara sungguh-sungguh dengan memperhatikan kaidah dan pedoman dalam pengasuhan anak yang baik dan benar. Pada akhir sambutannya, Kepala Dinas P2AP2KB juga mengharapkan agar melalui kegiatan gerakan orangtua hebat tersebut, peserta dapat memperoleh wawasan untuk menjadi orangtua yang hebat terhadap anak-anak. Informasi atau pengetahuan yang didapatkan nantinya dapat diterapkan dalam keluarga masing-masing sehingga mampu menghasilkan anak-anak yang berkualitas, sehat, bermoral dan berguna bagi dirinya, keluarga dan bangsa.

Ny. Derwawani M. Ingati Nazara dalam paparannya “Peran PKK dalam Mewujudkan Gerakan Orangtua Hebat” menyampaikan bahwa ada beberapa Dimensi penting menjadi orangtua hebat yaitu : Mempersiapkan diri menjadi orangtua, Memahami peran sebagai orangtua, Memahami konsep diri sebagai orangtua, Melibatkan peran Ayah, Mendorong tumbuh kembang anak, Membantu tumbuh kembang balita, Menjaga anak terhadap pengaruh media, Menjaga dan mengajari anak tentang Kespro, dan Membentuk karakter anak sejak dini.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua TP.PKK Kab. Nias Utara, Ketua T.P PKK Kecamatan se-Kabupaten Nias Utara, Peserta Kegiatan Orangtua Hebat dan sejumlah ASN lingkup Kabupaten Nias Utara.